Sumur Warga Tiga Kecamatan Tercemar Air Banjir

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Bajir bandang yang terjadi di Bantul lebih dari sepekan lalu berdampak pada tercemarnya beberapa sumur rumah warga. Air lumpur berserta tumpukan sampah menggenangi sumur sehingga warga tak dapat mempergunakan air bersih tersebut untuk kebutuhan sehari-hari.

Daerah dengan sumur warga tercemar banyak ditemui di Kecamatan Imogiri, Kretek dan Jetis. Ketiga wilayah ini juga merupakan daerah paling parah dilanda banjir saat hujan deras selama tiga hari melanda dampak dari Badai Siklon Cempaka.

“Banjir yang terjadi menyisakan lumpur dan sampah. Tak hanya di sekitar rumah saja yan kotor, namun sampah dan lumpur juga membuat sumur tercemar,” ungkap Komandan Kodim (Dandim) 0729 Bantul, Letkol (Inf) Agus Widianto melalui Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0729 Bantul, Mayor (Inf) Suwarno di makodim setempat, Jumat (08/12/2017).

Untuk mengatasi kesulitan air bersih tersebut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul melalui dinas terkait telah mendistribusikan air bersih kepada warga terdampak banjir. Untuk mengembalikan sumber air warga jajaran Kodim Bantul juga melakukan pembersihan sumur-sumur yang tercemar lumpur maupun sampah.

Dengan menggunakan mesin pompa para prajurit menyedot air setelah sebelumnya membersihkan tumpukan sampah yang menimbun di dalamnya. Hingga saat ini hampir seluruh sumur warga yang tercemar telah berhasil dibersihkan.

“Kami berharap proses permbersihan sumur ini selesai lebih cepat dari jangka waktu tanggap darurat yang ditetapkan. Harapannya agar masyarakat dapat memanfaatkan air bersih untuk menunjang kehidupan,” jelasnya. (Van)

BERITA REKOMENDASI