Swalayan ‘WS’ Tamantirto Terbakar

BANTUL,KRJOGJA.com – Kebakaran dahsyat terjadi di Swalayan ‘WS’ di Dusun Tegal Rejo Desa Tamantirto Kasihan Bantul, Kamis (8/6/2017). Kobaran api  melalap gudang penyimpanan pakaian itu baru padam pukul 14.30 setelah pemadam kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul, PG Madukismo serta Kota Yogyakarta berjuang satu jam lebih. Akibat dari peristiwa itu kerugian ditaksir mencapai jutaan rupiah.

Saksi Endang, karyawan swalayan itu mengungkapkan, sebelum  peristiwa terjadi. Jaringan listrik sempat padam, kemudian muncul inisiatif menghidupkan genset. Setelah genset menyala tidak lama berselang listrik kembali padam. Genset kembali dihidupkan untuk memberikan penerangan di swalayan itu. Endang mengungkapkan, setelah itu tiba –tiba muncul bau seperti plastik terbakar dari gudang sekaligus tempat penyimapan genset.

“Waktu bau plastik terbakar mulai dirasakan sejumlah karyawan, mesin genset tetap menyala, tetapi kami tidak curiga,” ujar Endang.

Sesaat tercium bau plastik terbakar, tiba-tiba dari dalam gudang muncul asap serta kobaran api mulai membesar. Melihat api muncul dari dalam gudang, karyawan swalayan dilanda kepanikan dan menyelamatkan pakain, dagangan  lain untuk dibawa ke halaman toko. Ditengah karyawan sibuk  menyelamatkan barang, kepulan asap hitam pekat terus membumbung tinggi diatas genteng swalayan.   

“Kami takut pakaian dalam toko terbakar kemudian kami keluarkan, sementara gudang tersebut memang khusus untuk menyimpan pakaian,” ujarnya.

Senada disampaikan saksi lain Sigit Apriyanto, ketika api berkobar dari dalam gudang semua karyawan berusaha mengeluarkan pakaian. Mereka takut api dari dalam gudang menyambar dagangan sekitar ruangan itu.

“Sebelum muncul api, info dari teman lain memang muncul bau seperti plastik terbakar," ujar karyawan lain.

Sementara Tim pemadam kebakaran  Bantul, Madukismo serta Kota Yogyakarta menjinakkan api dari dua sisi. Tim bergerak dari dalam swalayan, sementara lainnya  berusaha memadamkan api dari sisi timur swalayan. Petugas fokus memadamkan api yang membumbung tinggi diatas genteng.

Kapolsek Kasihan  Kompol Supardi SH mengatakan, peristiwa kebakaran tersebut ditengarai akibat dari genset didalam gudang yang sebelumnya untuk menghidupkan listrik. “Informasi dari karyawan swalayan ini, kebakaran itu berasal dari genset dalam gudang,” ujar Supardi.(Roy)

 

BERITA REKOMENDASI