Tak Boleh Sembarangan, Pemudik Dari Luar Daerah Bantul Wajib Karantina

BANTUL, KRJOGJA.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bantul melalui SE Nomor : 440/01561 mewajibkan pemudik ataupun warga yang barusaja pulang dari luar daerah untuk melakukan karantin mandiri atau mengisolasi diri sekurang-kurangnya 14 hari. Hal ini diterapkan sebagai antisipasi penanganan Covid-19. Selain itu perangkat desa wajib melakukan pemantauan dan pendataan secara intensif warga, pendatang atau pemudik tersebut.

Sekretaris Daerah (Sekda Bantul), Helmy Jamharis kepada wartawan, Kamis (26/3/2020) menuturkan dalam SE ini mengatur tentang Pemantauan Terhadap Warga Pendatang dari Luar DIY yang Masuk ke Kabupaten Bantul dan Warga Bantul yang Pulang dari Luar Daerah. Dalam aturan disebutkan penanganan Covid-19 membutuhkan peran yang sinergis antara perangkat desa , ketua RT dan seluruh warga.

“Mereka diwajibkan melakukan isolasi mandiri di rumah dan tidak melakukan aktivitas luar rumah. Tidak boleh bertamu, mendatangi acara dan ke tempat-tempat keramaian. Warga setempat juga tidak diperbolehkan berkunjung ke rumah tersebut,” jelasnya.

BERITA TERKAIT