Tak Lebih Empat Jam, Pelaku Curat Diringkus

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Dua pelaku pencurian dengan pemberatan (curat) masing-masing VK (19) dan DAP (17) warga Argosari Sedayu Bantul, Selasa (16/11/2021) pukul 12.00 WIB berhasil diringkus petugas Reskrim Polsek Sedayu Polres Bantul Polda DIY, yang dipimpin Kanit Reskrim AKP Muji Suharjo SH MAP. Keduanya ditangkap petugas kurang dari empat jam setelah beraksi, di rumah rekannya yang tidak jauh dari TKP pencurian/ Penangkapan terhadap keduanya tidak lebih dari empat jam setelah keduanya beraksi melakukan pencurian.

Petugas juga menyita barang bukti hasil kejahatan berupa 2 tabung gas, uang tunai Rp 230.000, 12 dos susu coklat, 10 renteng White Coffe, 39 renteng Good Day, 5 pak Kuku Bima, 4 botol Fanta, 8 dos indomie, 1/4 karung beras, dan 1 kaleng rokok. Total kerugian yang dialami korban akibat pencurian itu sekitar Rp 1,7 juta.

Pengungkapan kasus curat tersebut dibantu Babinkamtibmas Argorejo Aiptu Murgiyadi SIKom. Kedua pelaku curat tersebut, hingga Rabu (17/11/2021) masih menjalani pemeriksaan di Polsek Sedayu. Petugas berusaha mengembangkan perkaranya, apakah keduanya terlibat dalam sejumlah kasus pencurian di wilayah hukum Polsek Sedayu.

Kapolsek Sedayu Kompol Ardi Hartana SH MH MM, Rabu (17/11/2021) menjelaskan kasus pencurian diketahui pada Selasa (16/11/2021) pukul 07.45 WIB ketika pemilik warung, Nursiah akan membuka warung mendapati kunci warung sudah dirusak. Ketika dilakukan pengecekan di dalam warung, sejumlah barang dagangan sudah tidak ada.

Nursiah kemudian menyampaikan hal itu kepada suaminya, Rujito yang selanjutnya melaporkan ke Polsek Sedayu. “Berdasar informasi awal dari Aiptu Murgiyadi, petugas Reskrim Polsek Sedayu melakukan penyelidikan,” jelas Ardi Hartana.

Sebelumnya Aiptu Murgiyadi mencurigai sekelompok remaja berkumpul di sebuah rumah, tidak jauh dari tempat warung yang menjadi sasran pencurian. Terlebih lagi di halaman rumah tersebut ada beberapa sepeda motor tanpa plat nomor. Ketika mereka dimintai keterangan sempat berbelit-belit sehingga menimbulkan kecurigaan.

“Petugas kemudian melakukan penggeledahan di dalam rumah dan mendapati barang-barang hasil kejahatan yang dilakukan VK dan DAP. Keduanya mengaku sebagai pelaku pencurian barang-barang milik Ny Nursiah,” ujar Ardi Hartana.

Ardi Hartana menjelaskan, pengungkapan kasus curat tersebut tidak lepas dari kejelian Aiptu Murgiyadi. Meski bukan sebagai anggota reserse, yang bersangkutan langsung sigap melakukan ‘penyelidikan’ dan segera melaporkan ke Unit Reserse Polsek Sedayu untuk ditindaklanjuti. Ardi Hartana mengimbau masyarakat agar jika ada hal-hal yang mencurigakan segera melapor petugas yang ada di lingkup terdekat (Bhabinkamtibmas) atau langsung ke Polsek Sedayu. (Hrd)

BERITA REKOMENDASI