Tak Patuhi Pola Tanam, Petani Terancam Gagal Panen

BANTUL, KRJOGJA.com – Memasuki musim kemarau yang sudah beberapa hari tidak turun hujan, beberapa wilayah di Kabupaten Bantul, seperti sebagian Kapanewon Piyungan, Dlingo, Pandak selatan, Sedayu selatan dan beberapa tempat lainnya debit air irigasinya sudah mulai menyusut.

Menurut Kabid Tanaman Pangan, Holtikultura dan. Palawija, Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Bantul, Imawan Eko Handriyanto SP ,Rabu (28/4), dengan memasuki awal musim kemarau ini, petani dianjurkan untuk menanam jenis tanaman palawija. Seperti jagung, kedele, kacang tanah dan jenis tanaman lainnya yang cocok di Bantul.

Menanam jenis polowijo di musim kemarau juga mematuhi SK Bupati Bantul tentang pola tanam. Pola tanam di Bantul dalam satu tahun dibagi tiga, yakni untuk tanam Padi- Padi- Polowijo. Memasuki musim kemarau ini petani mulai memasuki pola tanam ketiga yakni jadwal menanam polowijo. Jadwal menanam polowijo tersebut, selain untuk menghemat penggunaan air irigasi juga untuk memutus siklus serangan hama, seperti wereng.

BERITA REKOMENDASI