Tak Sekadar Ajang Lenggak-lenggok

BANTUL, KRJOGJA.com – Sebanyak 30 finalis Miss Bantul 2018 akan berlomba memperebutkan mahkota Miss Bantul 2018. Acara grand final yang rencananya berlangsung Sabtu (16/12/2018) petang di Pendapa Kompleks Parasamya tidak hanya sekadar sebuah ajang lenggak-lenggok semata namun juga memilih duta-duta yang bertugas mengkampanyekan gerakan sosial budaya.  

Founder Miss Bantul 2018, Bayu Kuntani, Rabu (12/12/2018) menuturkan malam  grand final rencananya mengusung tema "Pesona Muda Bertalenta Berbudaya, Ayo Makaryo Bangun Desa". Bayu menuturkan sebelum melakukan grand final, 30 finalis ini telah melalui proses seleksi yang diikuti ratusan pendaftar Miss Bantul. Mereka adalah wakil-wakil dari kecamatan.

"Dari 30 finalis ini berasal dari 14 kecamatan. Tiga kecamatan yakni Dlingo, Imogiri dan Jetis tahun ini tidak ada perwakilannya. Kami berharap tahun depan semua kecamatan mengirim perwakilannya. Kami juga berharap Miss Bantul ini mendapatkan sokongan dari APBD pada tahun-tahun mendatang," urai Bayu.

Ditambahkan Bayu selama mengikuti masa karantina, Miss Bantul diberi pembekalan di antaranya kepribadian, publik speaking, kebudayaan dan sebagainya.

"Peserta diwajibkan mengikuti field trip di tiga tempat serta mempromosikan tiga hal yakni makanan asli Bantul, kerajinan asli Bantul dan tempat pariwisata di Bantul. Kami organisasi  dengan  konsentrasi pada sosial budaya sementara pariwisata, lingkungan dan pendidikan merupakan nilai plus. Kami bukan merupakan ajang lenggak-lenggok semata tetapi mengasah potensi dan prestasi masing-masing peserta. Sehingga anggun dan cantik bukan merupakan  kriteria utama tetapi potensi dan semangat kepedulian dengan fokus pada kegiatan sosial," jelasnya. 

Ketua Dewan Pembina Miss Bantul 2018, Hj Erna Suharsono menambahkan ajang ini dapat membantu program pemerintah dalam bidang ekonomi, pariwisata, kuliner dan budaya.

"Ajang ini membuktikan bahwa anak muda dapat berkarya dimana saja sesuai dengan talentanya. Selama 41 hari para finalis digojlok dengan berbagai ketrampilan terkait potensi minat dan bakatnya," urai Erna.

Adapun dalam grand final, 30 peserta dikerucutkan menjadi 10 peserta dan dipilih lagi 3 peserta untuk kemudian menentukan satu Miss Bantul 2018. Adapun syarat mutlak yang harus dipenuhi Miss Bantul yakni harus warga Bantul minimal lahir atau berdomisili lama di Bantul. (Aje)

BERITA REKOMENDASI