Taman Ngangkruksari Bakal Jadi Tujuan Wisata Kuliner

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Dinas Perdagangan Bantul bakal segera melakukan penataan bagi pedagang kaki lima di sepanjang Jalan Parangtritis Kecamatan Kretek Bantul. Mereka akan dijadikan satu dalam satu kompleks di Pusat Kuliner Taman Ngangkruksari Kretek Bantul di bekas Pasar Ngangkruk. Konsep besarnya, pasar kuliner itu tidak sebatas menyasar warga, tetapi agar jadi tujuan wisatawan guna mendorong pedagang agar cepat berkembang.

“Konsepnya nanti pedagang kaki lima akan ditata. Mereka yang selama ini berjualan di sepanjang jalan khususnya pedagang kuliner dijadikan satu di kawasan ini,” ujar Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Bantul Ir Subiyanto Hadi MM.

Dijelaskan, penataan tersebut merupakan program Pemerintah Kabupaten Bantul lewat Dinas Perdagangan yang sebelumnya juga sudah dijalankan di Lapangan Demi Imogiri. Paling utama pemerintah berkeinginan pedagang kuliner bisa berkembang. Selain itu wisatawan atau pengunjung menjadi nyaman dan punya banyak pilihan.

“Ketika semua pedagang kaki lima disatukan dalam satu kawasan di Pusat Kuliner Taman Ngangkruksari tentu akan jadi jujugan wisatawan dengan banyak pilihan makanan,” ujar Subiyanto Hadi.

Dinas Perdagangan membuka kesempatan untuk pedagang kuliner di Kecamatan Kretek khususnya yang sebelumnya sudah berjualan di tepi Jalan Parangtritis. Alasan lain, pertimbangan dipindahkannya pedagang kaki lima itu supaya tidak mengganggu lalu lintas. “Peresmian akan dilakukan Bupati Bantul bersamaan Pasar Kuliner di Karangtalun atau di bekas Pasar Imogiri,” ujarnya.

Sementara itu Ny Wahyu, salah satu pedagang di Pusat Kuliner Ngangkruksari mengatakan meski belum secara resmi dibuka, beberapa waktu lalu dirinya sudah berjualan. “Sudah laku. Ada pembeli setiap harinya kalau orang berusaha boleh dibilang sudah bisa jalan,” katanya. (Roy)

BERITA REKOMENDASI