Tambak Garam Bantul, Ladang Bisnis Baru

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Pantai selatan Bantul selain kaya dengan potensi ikan, ternyata menyimpan kekayaaan alam yang bisa dijadikan komoditas unggulan di kabupaten ini salah satunya tambak garam kristal. Bahkan di Pantai Pandansari Dusun Wonoroto Desa Gadingsari Sanden kini berdiri kawasan tambak garam kualitas terbaik.

Bupati Bantul Drs H Suharsono, didampingi Sekda Bantul Helmi Jamharis, Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan Perikanan (DPPKP) Bantul, Yus Warseno Camat Sanden Bangun Rahino, Selasa (18/08/2020) melakukan panen perdana garam kristal. Suharsono mengungkapkan, potensi di pantai selatan harus didorong agar berkembang secepat mungkin. Pemerintah daerah akan melakukan pendampingan agar produksi garam Bantul kualitas terbaik itu segera berjalan. “Pemerintah daerah pasti mendampingi sepenuhnya khususnya terkait dengan perizinan dan lainnya yang bisa mensupport produksi garam itu, ” ujar Suharsono.

Suharsono mengungkapkan, semua potensi di Bantul harus berkembang. “Potensi pantai selatan untuk produksi garam ternyata sangat besar, kami sangat mengapresiasi Pak Mashuri sebagai Lurah Gadingsari yang sudah merintis usaha ini,” ujar Suharsono.

Sementara Subag Produktivitas Bagian Perekonomian Setda Bantul, Eny Kurnia mengungkapkan sebagai pendamping pihaknya berkomunikasi dengan sejumlah perusahaan termasuk kecantikan spa. “Sudah dipersiapkan lahan seluas 5 hektare dikawasan ini untuk mengembangkan produksi garam kristal ini,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya telah MoU dengan angkasa pura diberbagai aspek. “MOU yang sudah kami lakukan bersama angkasa pura dalam pengembangan perekonomian produksi garam, pendidikan hingga budaya,” jelasnya.

Dijelaskan, merujuk hasil penelitian dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta pantai selatan Bantul mampu menghasilkan garam terbaik di Indonesia. Lurah Desa Gadingsari Sanden Mashuri mengungkapkan, kawasan produksi garam kristal di Pantai Pandansari Wonoroto Gadingsari Sanden dirintis akhir tahun 2019. Namun sekarang sudah berhasil menghasilkan produk garam kristal terbaik. (Roy)

BERITA REKOMENDASI