Tarik Turis Asing, Dispar Bantul Inventarisasi Kegiatan Unggulan

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRJOGJA.com – Setiap tahun Kabupaten Bantul memiliki event menarik tingkat nasional maupun internasional. Karena itu, Pemkab Bantul melalui Dinas Pariwisata menginventarisasi kegiatan rutin unggulan untuk dikembangkan sebagai daya tarik wisata terutama untuk menarik wisatawan mancanegara.

Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, Senin(11/11), mengatakan, di kawasan objek wisata banyak digelar kegiatan tingkat internasional atau melibatkan peserta dari luar daerah hingga luar negeri. Karena itu pihaknya, akan menginventarisasi event mana  saja  yang layak  dijadikan sebagai daya  tarik wisata khususnya tingkat internasi-onal.

“Pada kalender kegiatan 2020 nanti, akan kami tetapkan untuk event wajib yang internasional. Untuk kalen-der event wajib internasionalnya nantiada  beberapa. Misalnya saja yangmendapat dukungan dari Pemda DIY ialah Jogja Air Show dan  Festival Layang Layang. Lainnya ada Festival Lampion serta   Simphony GumukPasir,” terangnya.

Untuk event dari komunitas, lanjut Kwintarto yakni Coast to Coast Night Trail Ultra. Selain agenda internasional, dalam kalender kegiatan Bantul 2020 nanti juga ada agenda kegiatanyang dalam waktu dekat bakal dikoor-dinasikan dengan para kades.

Harapannya masing-masing desa punya kalender kegiatan untuk dapat dibantu dalam hal publikasi.“Jika ada desa yang bakal melaksanakan puncak hari jadi dengan rangkaian kegiatan, maka akan kita bantu atau diviralkan. Sebab, upacara adat atau kegiatan aspek budaya seperti itu menurut para wisatawan akan jadi suatu daya tarik yang baik. Jadi, dengan adanya kalender event ini nantinya  para wisatawan  akan tahu bahwa di Bantul ada event wisata menarik,” urainya. (KR)

BERITA REKOMENDASI