Tebing Longsor Meluas, Jembatan Makin Terancam

BANTUL (KRjogja.com) – Tebing sungai Winongo Dusun Gading Daton Donotirto Kretek yang ambrol digerus air kini terus meluas. Lebih mengkhawatirkan lagi, peristiwa itu sudah mengancam jembatan diatasnya.  Kini tebing longsor jaraknya makin mendekati jembatan tidak sampai 50 meter. Jika tidak segera diambil tindakan, tiang jembatan dikhawatirkan bakal tergerus.

Dari pantauan KRjogja.com dilapangan diketahui, lokasi tebing longsor dalam skala besar awalnya hanya berada  disatu lokasi sisi selatan. Tetapi seiring  banjir terus terjadi, ambrolnya tebing terus bergerak ke utara mengenai jalan kampung. Demikian juga dengan tebing sungai disisi timur, Dusun Glondong Kretek Bantul juga tidak kalah kritis. Bedanya tebing sungai sisi timur tidak langsung bersebelahan dengan jalan besar. Sementara sejumlah warga sudah melakukan penebangan pohon jati ditepi sungai. Mereka khawatir, jika banjir skala besar bakal merobohkan pohon tersebut.

Sementara Kepala Seksi (Kasi) Operasi dan Jaringan Dinas Sumber Daya Air (SDA) Bantul, Yitno ST MT, Rabu (16/11/2016) menjelaskan, pasca Bendung Karang jebol, dampaknya tidak sekadar berimbas pada sektor pertanian. "Khusus pertanian sudah ada solusinya, tetapi yang kini jadi persoalan serius adalah, longsongsornya tebing disepanjang sungai," ujarnya.

Yitno menjelaskan, untuk persolan air sudah ditemukan jalan keluarnya, sebelum Bendung Karang diperbaiki, pasokan air diambil dari Bendung Temu dan Mojo. Sementara kerja bakti normalisasi saluran tersier –sepanjang hampir 1 km dimulai Senin (21/11/2016) melibatkan, warga Donotirto dan Tirtohargo serta  Satgas SDA Bantul.

“Kesepakatan ini didapat setelah musyawarah warga Desa Donotirto dan Tirtohargo untuk mencari jalan keluar,” ujar Yitno. Terkait dengan kerusakan bendung dan tebing longsor pihaknya sudah melayangkan ke Balai Besar Wilayah Serayu Opak (BBWSO). “Peristiwa ini kan sudah saya laporkan ke DIY, Pak Bupati Bantul Suharsono juga sudah perintahkan segera membuat surat ke DIY,” jelas Yitno. (Roy)

 

BERITA REKOMENDASI