Tebing Sungai Ambrol 30 Meter, Kecemasan Landa Warga Gading Daton

Editor: Ivan Aditya

BANTUL (KRjogja.com) – Tebing Sungai Winongo di Dusun Gading Daton, Donotirto, Kretek, Bantul sepanjang lebih 30 meter ambrol. Musibah tersebut sebagai dampak banjir  Sungai Winongo yang terjadi Kamis (10/11/2016) malam kemarin. Pasca ambrolnya tebing tersebut kini akses jalan di sisi barat sungai kian terancam, bahkan warga sudah memasang rambu agar kendaraan roda empat tak melintas.

Widodo (35) warga Gading Daton menjelaskan, ambrolnya tebing sungai terjadi sekitar pukul 22.00 WIB. Setelah tebing runtuh warga langsung membuat pengaman agar malam itu tidak dilalui kendaraan.

“Ini sudah mengancam jalan dikampung Daton. Jika banjir besar terjadi lagi saya yakin jalan disisi barat sungai ini bisa putus, keadaan ini membuat warga cemas,” jelasnya kepada KRjogja.com, Jumat (11/11/2016).

Kepala Seksi Operasi dan Jaringan Dinas Sumber Daya Air (SDA) Bantul, Yitno ST MT mengungkapkan, pihaknya secepatnya bakal segera koordinasi dengan pemerintah DIY sehingga ambrolnya tebing sungai segera bisa ditangani agar tidak meluas. Yitno menduga luasnya titik ambrol di sisi kiri dan kanan sungai akibat gerusan air pasca bendung Karang jebol belum teratasi. (Roy)

BERITA REKOMENDASI