Terasering Sawah Wunut Bakal Jadi Spot Wisata Baru Bantul

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Sriharjo Kecamatan Imogiri kini sedang fokus mengembangkan sektor wisata dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) desa. Ke depannya, potensi wisata Sriharjo bakal digarap secara bertahap untuk menopang kehidupan warga semakin baik.

“Masterplan dalam RPJM desa sedang fokus dalam pengembangan wisata Desa Sriharjo," ujar Lurah Desa Sriharjo Kecamatan Imogiri Titik Istiyawatun Khasanah SIP.

Dijelaskan, Desa Sriharjo sangat kaya dengan beragam potensi wisata alam dan budaya. Kombinasi dua potensi itu diyakini mampu menarik minat wisatawan berkunjung. Oleh karena itu, dalam tiga tahun ke depan, Pemdes Sriharjo optimis mampu menyelesaikan RPJM pengembangan wisata.

Sejauh ini potensi wisata di wilayah itu terdapat di tepi Sungai Oya mulai dari Dusun Wunut dan Sompok. Khusus di Sompok kini tengah dirancang untuk pengambangan tracking atau susur sungai serta wisata tradisional.

Titik mengatakan, khusus di Sompok ke depan dijadikan pusat pengembangan museum pengentasan kemiskinan. Termasuk homestay berbasis rumah penduduk di Sompok. Menurut Titik, konsep pengembangan wisata optimis bisa berkembang di wilayahnya.

"Selain museum pengentasan kemiskinan, akan ditopang dengan wisata budaya. Artinya wisatawan bisa melihat langsung aktivitas warga dusun mulai cocok tanam, budidaya ternak. Pada intinya budaya warga dusun yang kami jual," ujar Titik.

Pemdes Sriharjo sangat optimis serangkaian program itu bakal selesai dalam jangka tiga tahun ke depan. Selain fokus di bagian timur kini tengah dirintis arena foto selfie di Dusun Gondosuli. (Roy)

BERITA REKOMENDASI