Tes Urine Spontan WBP, Bukti Serius Rutan Bantul Cegah Narkoba

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRJOGJA.com – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Bantul bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional ( BNN) Kabupaten Bantul melakukan tes urine secara spontanitas terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Bantul yang dilaksanakan di Aula Baharudin Suryo Broto Rutan setempat, Kamis (12/5).

Tes urine massal bagi WBP di Rutan Bantul ini untuk mewujudkan Rutan Bantul yang Bersinar ( Bersih dari Narkoba) , sehingga harus dilakukan tes urine secara bertahap sebagai upaya antisipasi Pencegahan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dan sebagai bentuk tahapan rehabilitasi oleh BNN Kabupaten Bantul.

“Kegiatan ini merupakan upaya serius serta komitmen untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di Rutan Kelas IIB Bantul,”.ungkap Kepala Rutan Bantul , Ahmad Sihabudin didampingi Kepala Keamanan Rutan Jaka Cahyana.

Kepala Rutan Bantul mengungkapkan, penanganan penanggulangan Narkoba yang telah dilakukan Rutan Bantul cukup beragam. Selama ini telah dilakukan cukup neragam dan selama ini telah berdilakukan dengan berbagai strategi progresif, terutama di sisi keamanan dan ketertiban serta penyalahgunaan narkoba,” jelasnya.

Ada 40 WBP yang di tes dan menjukkan hasil negatif Narkoba. Hal tersebut sebagai bukti bahwa Rutan Bantul serius dalam mendukung program P4GN.

Kegiatan ini kedepan menurut Ahmad Sihabudin akan terus dilakukan dalam upaya antisiasi P4GN, agar Rutan Bantul tetap Bersinar Hatinya (Bersih dari Narkoba, HP beserta pirantinya). (Jdm)

 

BERITA REKOMENDASI