Tiga Mahasiswa Akakom Menang Berkat Aplikasi Pasar Sayur

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Tiga mahasisa Teknik Informatika STMIK Akakom, yakni Anang Suwasto, Tri Witanto dan Yudistiro Septian DS membuat aplikasi Pasar Sayur Mobile Apps diberi nama 'PasMas'. Berkat aplikasi ini, tim dari STMIK Akakom meraih juara 2 kategori Mahasiswa Tingkat Internasional dalam Dinus Application Competition (Dinacom) 2019 di Universitas Dian Nuswantoro, Semarang 13-14 Maret 2019.

"Kami tim dari STMIK Akakom mendapat piala, sertifikat dan uang pembinaan Rp 2,5 juta," kata Anang Suwasto di kampus STMIK Akakom, Karangjambe, Jalan Raya Janti, Banguntapan Bantul, Senin (25/03/2019).

Didampingi Indra Yatini MKom (Wakil Ketua III STMIK Akakom) dan Ariesta Damayanti SKom MCs (Kabag Humas dan Admisi STMIK Akakom), Anang Suwasto menjelaskan, terciptanya aplikasi 'PasMas' berangkat dari keprihatinan saat ibu-ibu kesulitan mencari sayur-mayur saat malam hari, "Banyak ibu-ibu kesulitan mencari bahan sayur mayur untuk dimasak pagi harinya," ujarnya.

Dari keluhan dan kesulitan itulah, kemudian didiskusikan bertiga. Peristiwa itu terjadi tahun 2019. Selama hampir dua bulan mencari solusi, apa yang bisa dilakukan sebagai mahasiswa Teknik Informatika.

Akhirnya dirancang termasuk fitur-fitur yang ada dalam aplikasi itu. Fitur antara lain, detail produk jenis sayur yang sering dibutuhkan ibu-ibu. Untuk mumudahkan untuk kepentingan pedagang dan pembeli. Lokasi, jam, sayur-mayur dan harganya dan beberapa lainya.

Indra Yatini dan Ariesta Damayanti menambahkan, meski sudah menang, aplikasi ini belum tersedia di Playstore. "Kami, maksudnya tim bertiga dan dari STMIK Akakom sepakat akan diujicobakan dulu, divalidasi dan nantinya dicarikan Hak Atas Kekayaan Intelektual/HAKI," ujar Indra Yatini.

Selain itu, dalam forum yang sama di Dinacom sudah menang beberapa kali. Aplikasi yang menang sebelumnya 'Mastukang', aplikasi untuk tukang online, e-accounting. Aplikasi untuk mengatur keuangan bagi mahasiswa.

Dalam kesempatan itu, kejuaraan yang berbeda disampaikan kepada KRJOGJA.com. Empat mahasiswa itu, Marfiana AI, Nur Vita RD, Maryani dan Ahmad SA, dari prodi Komputerisasi Akuntansi meraih juara 1 Simulasi Akuntansi di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, 13-14 Maret 2019.

Kemenangan ini mendapat tropi, sertifikat dan uang pembinaan Rp 5 juta. Tim yang berbeda meraih juara 5 besar, kejuaraan yang sama. Mahasiswa itu, Irfani DNS, Luluk Khoirunnisa, Elsa Setyawati dan Restu Julian.

Marfiana AI mengatakan, dalam simulasi akuntansi 4 orang berperan sebagai direktur dan menangani keuangan, pembelian-personalia, akuntansi-gudang, penjualan dan produksi. "Itu semua untuk memudahkan pemahaman alur akuntansi dengan sentuhan komputerisasi atau accounting games." ujarnya. (Jay)

BERITA REKOMENDASI