Tim PKM Institusional UAD Sosialisasikan Cyber Security dalam Medsos

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Tim Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan kegiatan Sosialisai Cyber Security Dalam Media Sosial (Medsos) di Banguntapan Utara, Bantul. Kegiatan sosialisasi ini berbarengan dengan syawalan yang diselengarakan oleh Pimpinan Cabang Nasyiataul Aisyiyah (PCNA) dan Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) Banguntapan Utara.

Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh 25 warga anggota PCNA dan PCPM Banguntapan Utara dengan tetap memperhatikan protokol pencegahan Covid-19. Kegiatan dilakukan, Minggu (06/06/2021) diawali dengan serangkaian ikrar syawalan dan dilanjutkan dengan acara inti paparan materi oleh Tim PKM UAD.

Mufti Khukim SH MH, dosen Fakultas Hukum Universitas Ahmad Dahlan (UAD) salah satu narasumber mengatakan, media sosial memiliki berbagai manfaaat yang bisa dioptimalkan dalam menunjang dakwah Islam dimasyarakat. Oleh karena itu ruang-ruang digital hendaknya disi dengan conten-conten positif dan inspiratif. Penggunaan media youtube dan juga facebook, Instagram, Whatsapps serta twiter sebagai sarana dakwah merupakan langkah stragegis dan efisen untuk mengisi ruang digital dengan hal yang baik.

Dikatakan, ada banyak keunggulan pemanfaatan ruang digital yaitu daya jangkau yang luas, tidak memerlukan tempat yang luas untuk mengumpulkan masyarakat dan juga tentu akan banyak menghemat biaya-biaya lainnya.

Antisipatif dampak negatif dari aktifitas di ruang media sosial dengan melakukan pelatihan cyber scurity. Kegiatan ini, memberikan wawasan dan peningkatan kesadaran akan pentingnya keamanan informasi serta etika medsosiah dalam penggunaan media sosial. Dengan pelatihan cyber scurtiy diharapakan nantinya bisa mengantisipasi conten-conten yang melanggar kesusilaan, antisipasi penipuan, hoax, ilegal conten, fitnah dll.

Dijelaskan, sosialisasi ini dilakukan supaya generasi muda dan milenial khususnya Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Banguntapan Utara sebagai pengguna media sosial dapat lebih hati hati. Mufti Khakim dan Miftahurrahma Rosyda SKom MEng menjelaskan, acara sosialisai ini juga melibatkan mahasiswa dari Program Studi Sistem Informasi FAST UAD yaitu Andri Aprilian dan Ariqah Adliana Siregar.

PCPM dan PCNA menyambut baik kegiatan pengabdian ini sebagaimana disampaikan Yono selaku Ketua PCPM Banguntapan Utara. “Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi Angkatan Muda Muhammadiyah Banguntapan Utara,” ujarnya.

Sedangkan Dr Imam Riadi MKom, selaku Ketua PPM-UAD mengatakan, Pelatihan Penggunaan aplikasi berbasis mobile yang bervisi terkait Cyber Security dalam penggunaan media sosial, skema Institusional. Tim PPM UAD skema Institusional ini sedang gencar menggalakkan akan pentingnya cyber security dalam penggunaan media sosial, khususnya penggunaan layanan teknologi informasi masa pandemi Covid-19. (Jay)

UAD

BERITA REKOMENDASI