TIM PKM – UAD di Piyungan Edukasi Kesehatan dan Skrining DM

BANTUL, KRJOGJA.com – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Ahmad Dahlan mengadakan Edukasi Kesehatan dan Skrining Diabetes Melitus (DM) di Dusun Cepokojajar, Desa Sitimulyo, Kecamatan Piyungan, Sabtu (19/07/2020). Kegiatan yang berlangsung di RT 01, RT 02 dan RT 04 dusun tersebut diketuai oleh Prof Dr Apt Dyah Aryani Perwitasari MSi PhD, beserta dengan 2 anggota Rita Maliza SSi MSi PhD dan Apt Haafizah Dania MSc.

Rita Maliza mengatakan, edukasi pengabdian masyarakat bertema ‘Edukasi Kesehatan dan Skrining Diabetes Melitus’. Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang masyarakat dengan usia lebih dari 40 tahun yang tinggal di Dusun Cepokojajar RT 01, RT 02, dan RT 04, Desa Sitimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul. Selain eduksi, peserta diukur tinggi badan, berat badan dan lingkar pinggang.

Dikatakan, tujuan dari kegiatan ini meningkatkan pengetahuan tentang penyakit Diabetes Militus dan faktor risikonya serta ketrampilan mengatur pola makan (diet) untuk menjaga kadar gula darah. “Kegiatan ini dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19 dengan membatasi jumlah peserta yaitu tidak lebih dari 10 orang per RT, peserta dan tim PKM menggunakan masker dan face shield,” ujarnya Kepada krjogja.com, Senin (20/07/2020).

Kegiatan PKM ini dimulai dengan pemberian edukasi melalui buku saku yang memberikan informasi mengenai pencegahan diabetes melitus serta edukasi kesehatan terkait Covid-19. Buku saku yang diberikan dalam bentuk gambar dan keterangan-keterangan penyakit Diabetes. “Dari hasil pendataan banyak warga yang masih belum memahami penyakit diabetes Militus dan juga pentingnya menjaga kesehatan dimasa pandemi ini,” ucapnya. Ditambahkan, peserta mendapatkan bingkisan berupa Handsanitizer, masker dan face shield guna mendukung upaya pencegahan covid-19. (Jay)

BERITA REKOMENDASI