Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, BCA Bantu Kembangkan Homestay

BANTUL, KRJOGJA.com – Potensi pariwisata di Propinsi DIY, terutama Kabupaten Bantul terus dioptimalkan karen mampu menyerap tenaga kerja dan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Salah satunya dilakukan oleh PT Bank Central Asia Tbk (BCA) yang akan membantu pengembangan home stay di sentra wisata wayang Wukirsari.

"Kita sudah empat tahun melakukan kegiatan sosial melalui Corporate Social Responsibility (CSR) membangun sentra wisata wayang di Wukirsari. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang menjadi binaan BCA," ungkap Executive Vice President PT BCA Tbk Inge Kusumati di sela rangkaian kegiatan sosial HUT ke 61 sekaligus pementasan Sendratari Wayang bertajuk Gatotkaca Kalanjaya di Gedung Pertunjukan Wukirsari, Kabupaten Bantul, Sabtu (03/03/2018) malam.

Inge yang didampingi VP CSR BCA Ira Bahtar dan Kepala Pengembangan Bisnis Cabang (KPBC) KCU BCA Yogyakarta Wahyu Hariatmant menjelaskan salah satu upaya perseroan itu adalah membantu pengembangan home stay yang sudah ada sebelumnya. Namun, perseroan mengutamakan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) setempat ketimbang infrastruktur atau sekadar pemberian dana bantuan.

"Kami ikut membantu terealisasinya pembangunan gedung pertunjukkan  dan infrastruktur pendukung lainnya di Wukirsari. Namun, fokus utama adalah
membangun SDM (masyarakat) setempat melalui serangkaian pelatihan pelayanan sampai standarisasi pelayanan home stay. Upaya ini terbukti berhasil dijalankan di beberapa desa wisata lain di Propinsi DIY," ungkap Inge.

Bupati Bantul yang diwakili Asek II Pemkab Bantul Bambang Guritno merespons positif upaya BCA tersebut karena sesuai dengan upaya pemkab setempat guna mengembangkan ekonomi kreatif. Sebab, potensi tersebut selama ini belum tergarap maksimal. Padahal, mampu membuka lapangan pekerjaan dan mengurangi angka kemiskinan di wilayah ini.

"Potensi Bantul awalnya pertanian. Namun, selama ini mengarah kepada penetrasi ekonomi kreatif. Saat ini ada 140 ribu usaha kreatif yang mampu mempekerjakan 15-20 orang, Kami fokus ke upaya ini dan dari 534 kabupaten/kota, Bantul masuk sebelas besar kota terkreatif di Indonesia," tandasnya.

Sementara itu, rangkaian kegiatan sosial dalam rangka HUT BCA ke-61 masih terus berlanjut. Kali ini BCA menggelar pengobatan gratis dan pagelaran Sendratari Wayang. Dengan diselenggarakannya pagelaran Sendratari Wayang ini, BCA berharap agar generasi muda dapat mengenal lebih dekat dan menghargai pertunjukan lokal sebagai salah satu warisan budaya yang perlu kita lestarikan bersama. 

Selain itu, melalui pagelaran Sendratari Wayang ini BCA berupaya untuk membangkitkan kembali kepedulian masyarakat untuk kembali menikmati seni, drama, dan tari-tarian tradisional.” 

"Istimewanya, pagelaran yang mengangkat tema ‘Sendratari Wayang Kulit Gatotkaca Kalajaya’ ini merupakan kolaborasi wayang kulit, wayang orang dan sendratari. Pagelaran ini melibatkan hampir 30 orang yang diantaranya merupakan generasi muda," tambah Inge.

BCA akan terus membuktikan komitmen untuk melestarikan wayang sebagai kebudayaan Indonesia yang sarat akan nilai moral. Kami menyadari generasi muda yang akan meneruskan keberadaan wayang sebagai kekayaan budaya Indonesia. Hal inilah yang mendorong kami untuk menghadirkan kegiatan-kegiatan wayang seperti hari ini” papar Inge. (Tom)

BERITA REKOMENDASI