Tingkatkan Layanan Administrasi Kependudukan, Pemkab Bantul Gandeng Pengadilan Agama

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten Bantul dengan Pengadilan Agama (PA) Bantul melakukan perjanjian kerja sama dalam upaya memberikan kemudahan pelayanan administrasi kependudukan masyarakat, di Aula Kantor Pengadilan Agama Bantul, Rabu (07/04/2021). Dalam kesempatan tersebut juga diluncurkan program Sistem Penerbitan Dokumen Administrasi Kependudukan di Pengadilan Agama (Sipendapa).

Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan Wakil Bupati Bantul Joko Budi Purnomo SE, Kepala Pengadilan Agama Bantul H Sarnidi SH MH serta Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Bantul Bambang Purwadi Nugroho SH M H. Sedangkan peluncuran Sipendapa dilakukan Kepala Pengadilan Tinggi Agama DIY Drs H Syarif Usman SH MH.

Wakil Bupati Bantul mengemukakan, kerja sama peningkatan kemudahan pelayanan kepada masyarakat antara Pemkab Bantul dengan Pengadilan Agama ini agar segera terealisasi. “Juga inovasi Sipendapa ini segera dijalankan,” harap Wakil Bupati Bantul.

Menurut Joko Budi Purnomo, peningkatan layanan administrasi kependudukan ini akan memberi kemudahan bagi masyarakat. Yang memudahkan masyarakat diantaranya cetak KK dan KTP baru dengan perubahan status tanpa harus datang ke Disdukcapil, tetapi cukup di Kantor PA bersamaan dengan penyerahan akta perceraian.

“Pemkab Bantul berharap program ini bisa memberikan kemudahan kepada masyarakat dan menjadikan data akurat guna mewujudkan tertib administrasi kependudukan,” pungkas Wakil Bupati Bantul.

Sementara Kepala PA Bantul menambahkan peningkatan kemudahan pelayanan di Bantul saat ini sudah menjadi keharusan, karena jumlah pendaftar sidang di Bantul cukup banyak. Pada awal April 2021 ini sudah ada 600 pendaftar lebih, padahal setiap hari hanya dibatasi 20 orang untuk menyelesaikan sidang.

Lebih lanjut dikemukakan, angka gugat cerai atau perceraian yang dikehendaki pihak perempuan di Bantul saat ini semakin tinggi. “Bahkan Bantul tertinggi di DIY,” jelas Kepala PA Bantul. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI