Tingkatkan Produktivitas Ternak, Bupati Luncurkan ‘Sikomandan’

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRjogja.com – Bupati Bantul, H Abdul Halim Muslih meluncurkan program Sapi Kerbau Kalau Komoditas Andalan Negeri (Sikomandan) 2021 di Kandang Kelompok Ternak (KKT) Sido Dadi , Krajan Poncosari Srandakan Bantul, Senin (5/4). Program tersebut merupakan upaya Pemkab Bantul dalam meningkatkan produktivitas ternak.

Menurut Abdul Halim, saat ini Bantul merupakan kabupaten penghasil ternak yang menyuplai hingga 70 persen kebutuhan daging untuk wilayah DIY. “Saya menyabut baik dan apresiasi adanya program Sikomandan yang pendanaanya dari APBN ini. Dengan harapan, produktivitas ternak di Bantul terus ditingkatkan dan menuju swasembada daging tahun 2026,” papar Bupati Bantul.

Diungkapkan, sektor pertanian di Bantul merupakan penyumbang produk nasional bruto yang cukup besar diluar sektor industri dan sektor wisata. Sektor pertanian menghuni sebagian besar masyarakat di Bantul, sehingga menjadi salah satu prioritas dalam pembangunan di Bantul. Peningkatan produktivitas sektor pertanian salah satunya melalui peningkatan bidang peternakan.

“Bantul mempunyai potensi yang cukup besar, baik disisi hulu dan sisi hilir bidang peternakan. Di hilir ada 171 pedagang sate kambing dan disisi hulu memiliki banyak pemotongan hewan ternak,” tambahnya.

BERITA REKOMENDASI