TNI/Polri dan NU Kerja Sama Gelar Vaksinasi

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Panglima TNI Jenderal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Minggu (08/08/2021) meninjau vaksinasi kerja sama TNI-Polri dan NU di The Ratan, Bantul. Vaksinasi bertujuan untuk mempercepat penanganan agar pandemi Covid-19 segera berakhir.

Hadir dalam acara tersebut Kapolda DIY Irjen Pol Asep Suhendar, Irwasda Polda DIY Kombes Pol Agus Rohmat SIK SH MHum, Kabid Dokkes Polda DIY Kombes Pol dr Is Sarifin, Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK, Gus Kendar dan Gus Hilmy dari Ponpes Ali Maksum Krapak, dan Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih.

Hadi Tjahjanto menyampaikan saat ini yang perlu dilakukan adalah penguatan tenaga kesehatan (nakes) agar bisa bekerja secara optimal menangani pasien positif Covid-19. Perlu juga dilakukan trecing untuk menanggulangi penyebaran virus korona. Tidak boleh ada perlakuan yang kurang manusiawi terhadap para nakes, karena mereka sudah bekerja ekstra keras untuk menyelamatkan pasien positif Covid-19.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyampaikan jajarannya intensif memberikan bantuan sosial (bansos) dengan membagikan sembako kepada warga yang terdampak Covid-19, terutama pada saat diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Masyarakat tidak perlu khawatir akan kesulitan mendapatkan sembako, karena Polri telah menyiapkan langkah-langkah antisipasi untuk menyelamatkan rakyat.

Listyo Sigit Prabowo menambahkan bantuan sosial dari Polri harus segera dibagikan kepada warga yang terdampak pandemi Covid-19, tidak boleh ditunda-tunda. Jika ada penyelewengan yang dilakukan oknum polisi, maka kepada yang bersangkutan akan dikenai tindakan sesuai dengan aturan yang ada.

Pembagian sembako dilakukan mulai dari tingkat pusat (Mabes Polri), Polda, Polresta/Polres, hingga tingkat Polsek. Pembagian bantusn sosial harus tepat sasaran, harus sampai pada yang benar-benar berhak lantaran terdampak pandemi Covid-19.

Sementara itu, M Nabil Haroen (anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDIP sekaligus Ketua Umum Pimpinan Pusat Pagar Nusa Nahdlatul Ulama) berharap bahwa TNI dan Polri saat ini menjadi tulang punggung penanganan pandemi Covid-19 dan percepatan vaksinasi. TNI dan Polri telah bekerja keras untuk membantu pemerintah dan masyarakat Indonesia dalam situasi krisis akibat pandemi Covid-19 dengan berbagai variannya.

Disebutkan, dengan munculnya varian delta dan varian baru di Indonesia menjadikan situasi lebih berbahaya dan menantang yang membutuhkan respons cepat dan akurat untuk penanganannya dan itu sudah dilakukan TNI dan Polri. Selama ini tenaga kesehatan dan perawat di berbagai rumah sakit di Indonesia telah bekerja ekstra keras untuk penanganan pandemi Covid-19, bahkan di antara mereka ada yang kehilangan nyawa. (Hrd)

BERITA REKOMENDASI