Toko Berjejaring Dinilai Tak Dongkrak PAD

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Permasalahan penyelesaian Raperda Toko Modern hingga saat ini belum menemui titik temu. Eksekutif meminta penambahan titik pendirian lokasi serta pembahasan Raperda Toko Modern yang sebelumnya sudah selesai, diulangi lagi.

Sementara legislatif menilai penambahan titik toko modern tidak berdampak signifikan pada perekonomian. Bahkan toko modern berjejaring disebut-sebut tidak memberikan andil sedikitpun pada Pendapatan Asli Daerah (PAD).

”Catatan saya dari data Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Bantul, PAD yang didapat dari toko modern berjejaring di Bantul adalah nol rupiah alias tidak ada sama sekali. Kewenangan Bantul hanya memberikan izin saja tidak ada kaitannya dengan peningkatan PAD,” jelas Wakil Ketua Pansus Raperda Toko Modern, Yudho P.

Yudho menyebut, terkait Raperda Toko Modern, legislatif sama sekali tidak mempersulit eksekutif. Meski demikian usulan eksekutif memang dianggap kurang sesuai dengan kebutuhan warga Bantul apabila meminta penambahan jumlah izin pendirian toko modern di banyak tempat.

Menurutnya, jika mendirikan di kawasan pantai selatan sebagai upaya persiapan dibukanya bandara di Kulonprogo, masih bisa diterima. Namun hal itu harus diatur jam oeprasional serta jaraknya dengan warung rakyat dan pasar tradisional.

”Namun keinginan eksekutif yang berharap penambahan izin toko modern di beberapa tempat tertentu, mestinya kita harus lihat dulu. Jangan sampai kita memberikan izin malah justru mematikan toko toko kelontong warga. Tidak ada dalam prakteknya di lapangan bahwa toko modern berjejaring tidak mematikan warung rakyat dan pasar tradisional,” tegas Yudha.

Dalam raperda juga telah disepakati penambahan enam titik pendirian toko modern. Atas dasar itu, pansus merekomendasikan untuk segera dilakukan rapat paripurna untuk penetapan dan pembahasan raperda dianggap selesai. Selain itu jika eksekutif keberatan terhadap materi dalam raperda, dipersilakan menyampaikan dalam rapat paripurna. (Aje)

BERITA REKOMENDASI