Tolak Radikalisme dan Terorisme, Densus 99 NU Bantul Bangkit

BANTUL, KRJOGJA.com – Kegiatan terorisme di Indonesia banyak yang dilakukan oleh kelompok militan yang berhubungan dengan al-Qaeda ataupun kelompok militan yang menggunakan ideologi serupa dengan mereka seperti ISIS. Pada awalnya di tahun 2002, beberapa ‘target negara barat’ atau simbol asing telah diserang dengan korban yang jatuh adalah turis dan juga penduduk Indonesia. Dalam perkembangannya terorisme di Indonesia menyasar simbol pemerintah terutama aparat kepolisian yang dianggap sebagai Thoghut.

Dan kini di wilayah Kabupaten Bantul terdapat ormas yang dalam kegiatannya kontra terhadap faham radikalisme dan terorisme. Ormas tersebut bernama Densus 99 NU Bantul, berdiri dari dalam organisasi Nahdlatul Ulama Pengurus Cabang NU Bantul yang didalamnya ada Gerakan Pemuda Ansor yang memiliki Banser (Barisan Ansor Serba Guna), kemudian dari Banser dibentuk Densus 99 yang khusus mencegah bahaya faham radikalisme dan terorisme.

Adapun latar belakang berdirinya densus 99 yaitu adanya beberapa tahun terakhir muncul beragam kejadian yang meresahkan masyarakat. Di antaranya, teror bom khususnya sejak bom Bali I pada 2002 silam dan aktifnya kelompok Negara Islam Indonesia (NII) bergerilya mencari pengikut. Rangkaian peristiwa itu terjadi secara bersamaan, hingga masyarakat pun bereaksi.(*)

BERITA REKOMENDASI