Tragis, Hasil Panen Petani Nawungan Hingga Saat Ini Belum Dibayar

BANTUL, KRJOGJA.com – Kemelut terkait kekurangan pembayaran senilai Rp 368 juta bagi petani bawang merah di Dusun Nawungan Kalurahan Selopamioro Kapanewon Imogiri Bantul tidak kunjung reda. Petani hingga kini petani belum menerima bayaran sepeser pun dari pihak PT 3 M sebagai pembeli bawang merah. Sementara petani akan terus berjuang sekuat tenaga untuk mendapatkan haknya itu.

“Petani disini harapannya satu kekurangan segera dibayar itu saja, kami juga tidak mau berbelit-belit. Sebagai masyarakat kecil yang hidup kami sangat tergantung hasil pertanian berharap bawang merah anggota kelompok saya dibayar,” ujar Ketua Kelompok Tani Lestari Mulyo Dusun Nawungan 1 Desa Selopamioro Kecamatan Imogiri Bantul, Juwari, Rabu (1/9/2021).

Setelah bawang merah yang dibawa PT 3 M belum dibayar petani sudah mengambil berbagai langkah. Termasuk menghadap Kepada Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih. Kemudian bertemu dengan Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Bantul. Bahkan audiensi dengan Ketua DPRD Kabupaten Bantulpun ditempuh. Tetapi sampai detik ini belum ada pembayaran sama sekali. Juwari tidak menampik, kondisi tidak menentu sekarang ini cukup meresahkan petani yang belum menerima bayaran.

“Kita sudah ketemu dengan kepala dinas, kita sudah audiensi dengan Ketua DPRD Kabupaten Bantul, Komisi B DPRD Bantul sudah datang ke Nawungan. Tim Advokasi dari PAN juga sudah datang. Bahkan kita sudah menghadap Bupati Bantul. Tetapi sampai sekarang ini nasib petani yang bawang merahnya belum dibayar juga tidak jelas. Itu yang membuat saya dan anggota kelompok sangat sedih. Terus kami ini harus bagaimana lagi,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI