Transaksi Nontunai Resmi Diberlakukan

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul resmi menerapkan transaksi nontunai atau e-retribusi pada pembayaran beberapa layanan. Bupati Bantul Drs H Suharsono, menegaskan transaksi nontunai bertujuan meningkatkan kepercayaan masyarakat pada Pemkab Bantul terkait pelayanan retribusi.

"Keberhasilan pembangunan tidak terlepas dari aspek pengelolaan keuangan daerah yang dikelola secara tertib taat pada peraturan perundang-undangan, transparan dan bertanggung jawab. Transaksi nontunai adalah wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Bantul untuk meningkatkan transparasi dalam pengelolaan pendapatan daerah sekaligus memudahkan masyarakat dalam membayar retribusi," jelas Suharsono.

Ia menambahkan dengan transaksi nontunai dapat meningkatkan rasa saling percaya antara masyarakat dan pemerintah. Masyarakat, imbuhnya, akan lebih percaya karena retribusi yang mereka bayarkan akan langsung ke sistem, sehingga nantinya bisa terpantau secara realtime oleh sistem.

"Tujuan dari transaksi ini adalah efektif, efisien, murah dan mudah. Masyarakat akan mendapat layanan dari masing-masing dinas dengan biaya yang terukur dan jelas," imbuhnya.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah(BKAD) Kabupaten Bantul Dra Sri Ediastuti MSc, menambahkan ada lima retribusi yang telah dimasukkan dalam sistem e-retribusi. Kelima jenis retribusi ialah Retribusi Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) pada Dinas Perhubungan (Dishub), Retribusi Pelayanan Persampahan dan Kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Retribusi Pelayanan Kesehatan di Laboratorium Pengawasan Kualitas Air pada Dinas Kesehatan (Dinkes), Retribusi Pelayanan Pendidikan di Dinas Kesehatan (Dinkes), Retribusi Pemakaian Kekayaan Daerah untuk Objek Retribusi Rumah Susun Sederhana, Sewa di Dinas PUPKP, dan Retribusi Pelayanan Pasar yakni Kios dan Pelayanan Sampah serta Kebersihan di Dinas Perdagangan (Dindag).

"Pemkab Bantul akan terus memperluas cakupan penerapan transaksi nontunai pada tahun 2019. Adapun penerapan transaksi nontunai juga didukung maksimal oleh perbankan. Saat ini juga sedang mempersiapkan segala sesuatunya untuk mendukung pelaksanaan transaksi nontunai," terangnya.

Ditambahkannya, transaksi nontunai memiliki keunggulan dibanding transaksi tunai yang dilakukan secara konvensional. Di antaranya proses dapat dilakukan dengan lebih cepat, tepat dan terukur. (Aje)

BERITA REKOMENDASI