TRC-BPBD Bantul Evakuasi Beringin Makam Kota Gede yang Tumbang Menimpa Rumah

Editor: Ary B Prass

BANTUL, KRJOGJA.com– Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( TRC-BPBD) Kabupaten Bantul dibantu Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) melakukan evakuasi puluhan pohon yang tumbang dan rumah yang tertimpa pohon di wilayah Kapanewon Sewon, Banguntapan dan Pleret Rabu (8/12/2021).
Pohon tumbang dan rumah tertimpa pohon tersebut terjadi Selasa sore ketika terjadi hujan lebat disertai angin kencang. Sebagian pohon tumbang yang mengganggu fasilitas umum bisa dievakuasi Selasa sore hingga malam hari, sebagian evakuasinya dilanjutkan Rabu kemarin.
Menurut Koordinator TRC-BPBD Bantul Sulistiyanta didampingi wakilnya Buyung di lokasi evakuasi wilayah  Banguntapan, sesuai pendataan TRC- BPBD Bantul jumlah pohon tumbang di Banguntapan ada 7 pohon, diantaranya pohon beringin di depan Makam Raja Kota Gede dahannya yang sudah lapuk patah menimpa 2 bangunan rumah. Pohon beringin di depan Makam Kota Gede merupakan pohon cagar budaya yang usianya sekitar 500 tahun. Juga pohon beringin depan pondok Stiekes Surya Global menimpa rumah pondok santri, kerugian sekitar Rp 15 juta.

BERITA REKOMENDASI