Trirenggo Berencana Dirikan Pasar Modern

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Desa Trirenggo Bantul berencana mendirikan Pasar Modern di tengah desa. Pasar ini nantinya diharapkan dapat menjadi salah satu motor penggerak ekonomi warga dan akan dikelola langsung oleh Koperasi Unit Desa (KUD) Gemah Ripah.

"Pasar ini diharapkan bisa jadi pendorong ekonomi masyarakat desa Trirenggo dan sekitarnya. Bisa membuka lapangan kerja baru bagi warga," kata Siti Hediati Hariyadi didampingi Ketua Yayasan Damandiri Subiyakto Tjakrawerdaya saat peletakan batu pertama pembangunan pasar tersebut, Sabtu (30/04/2019).

Menurut Siti Hediati Hariyadi yang akrab disapa Titiek Soeharto, keberdaan Desa Mandiri Lestari terbukti mampu menurunkan angka kemiskinan di Desa Trirenggo. Ia berharap Trirenggo bisa menjadi contoh bagi desa lain di DIY untuk memandiriman di wilayahnya masing-masing.

Sementara itu Subiyakto Tjakrawerdaya mengatakan dibangunnya Pasar Modern Trirenggo sendiri merupakan suatu terobosan yang baru. Selain akan dikelola oleh koperasi, pasar ini nantinya juga akan dikonsep secara modern. Tidak hanya soal desain dan tampilannya saja, namun juga terkait proses transaksinya.

"Ini bisa dicontoh oleh pasar-pasar lain. Karena ini pertama pasar yang ngelola koperasi, artinya pasar milik koperasi. Para penjualnya merupakan anggota koperasi sekaligus pemilik," jelasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI