Tumbuhkan Kemandirian, Ajak Siswa Panen Langsung di Sawah

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL (KRjogja.com) – Panti Asuhan Bina Putra Bantul punya kiat khusus untuk membangkitkan jiwa kemandirian serta pembentukan karakter generasi muda di Indonesia. Salah satunya dengan mengajak anak didik didiknya turun langsung membudidayakan tanaman padi disawah. Mereka yang sudah hidup diera modern ini dituntun melakukan proses tanam padi dari awal hingga panen. Puncaknya sekitar 130 penghuni panti panen padi di bulak Geblag Desa Bantul, Jumat (12/8).

 

Pendiri sekaligus pengasuh Panti Asuhan Putra Tama Thomas Suharyanto mengatakan, sejak awal panti didesain untuk menanamkan jiwa mandiri penghuninya. Agar target tersebut tercapai, beragam program bersifat aplikatif  terus digencarkan. Salah satunya mengajarkan cara bercocok tanam padi.  "Kami ajak penghuni panti asuhan ini tahu bagaimana beras itu produksi sampai jadi nasi siap dimakan," ujarnya. Tanpa diajak praktik langsung  dan sekadar teori sangat sulit memberikan pemahaman.

Lewat program itu sebenarnya panti ingin mengajarkan anak menghargai kerja keras petani dalam memproduksi beras. Termasuk menanamkan sikap peduli dan selalu bersyukur dibenak anak.

Dijelaskan, penghuni Panti Asuhan Bina Putra berasal dari berbagai daerah di Indonesia. "Mereka semua sekolah di SMK Putra Tama Bantul," jelasnya. Selain menanamkan nilai kepedulian,  dengan konsep belajar itu untuk membangun kebersamaan dalam perbedaan. Thomas Suharyanto menjelaskan, pantinya dihuni oleh  siswa dari berbagai latar belakang agama dan budaya. (Roy)

BERITA REKOMENDASI