Tunjangan Profesi Guru Harus Memberi Azas Kemanfaatan

Editor: Agus Sigit

Sedangkan Ketua MGMP SBP MTs DIY Drs Sutanto menambahkan, diselenggarakannya seminar tersebut untuk memberikan pemahaman yang lebih jelas kepada guru SBP di tiap kabupaten agar tidak gamang menerima informasi aktual terkait dengan kebijakan Kanwil Kemenag DIY.

“Beberapa waktu sebelumnya telah ada zoom meeting yang diikuti para Ketua MGMP, tapi terkendala waktu terbatas dan sinyal yang kurang bersahabat ada beberapa poin yang kurang jelas, Sehingga MGMP SBP berinisiatif mengundang langsung barasumber dari bidang Dikmad. Sebagai langkah pencegahan kami tetap melakukan prokes yang ketat, sehingga peserta juga kita batasi di bawah 25 orang,” papar Sutanto.

Sementara itu, Drs Edih Supardi MPd menekankan agar pengurus Provinsi maupun Kabupaten/Kota agar memenuhi 9 SOP pengelolaan MGMP yaitu Organisasi, AD/ART, Program Kerja, Sarana dan Prasarana, Sumberdaya Manusia, Pembiayaan, Monitoring dan Evaluasi, Penjaminan Mutu, Rekening dan NPWP.

“Saya siap mendampingi bapak ibu pengurus untuk menyempurnakan organisasi MGMP secara langsung maupun virtual. Untuk materi lengkap sudah saya siapkan di blog termasuk mapel e-learning maupun virtual learning,” terang Edih.
Menyinggung tentang pengembangan dan peningkatan kompetensi guru, pada pasal 48 ayat 2 PP no.74 tahun 2008, terdapat beberapa kegiatan yang bisa dilakukan guru misalnya : diklat yang difasilitasi MGMP, diklat di sebuah institusi, membuat karya tulis ilmiah, membuat produk karya inovatif, seminar/lokakarya/workshop, membuat buku pelajaran, membuat buku pengayaan, membuat buku guru maupun lomba prestasi guru.

Kepala MTsN 3 Bantul Sugeng Muhari menyambut dengan hangat kehadiran guru se DIY dalam seminar ini..
“Saya mengapresiasi kegiatan seminar dengan materi yang sedang aktual ini. Aplikasi TPG adalah hal yang sangat urgen, sehingga apa yang dibahas dalam seminar ini berdampak positif bagi kami sebagai tuan rumah tempat penyelenggaraan. MGMP Seni Budaya dan Prakarya MTs sudah terbukti aktif melaksanakan kegiatan sejak lama, semoga ini memberikan motivasi kepada madrasah kami untuk selalu bisa terdepan dalam berbagai kegiatan,” imbuh Sugeng. (Rar)

BERITA REKOMENDASI