UAD Gelar Pelatihan Diversifikasi Olahan Bunga Telang

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRJOGJA.com – Program Studi Teknologi Pangan dan Program Studi Bisnis Jasa Makanan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berkolaborasi dalam pengabdian masyarakat di
Desa Wirokerten, Kabupaten Bantul. Kolaborasi dengan mengadakan beberapa pelatihan dan pendampingan.

Ika Dyah Kumalasari SSi MSc PhD, Ketua Tim mengatakan, pengabdian masyarakat dalam program PPM Skema Pejabat didanai oleh LPPM UAD ini bertujuan melakukan diversifikasi produk dari bunga telang yang telah banyak dibudidayakan oleh masyarakat setempat, tetapi belum termanfaatkan dengan baik. “Masih sebatas dikeringkan dan diseduh untuk konsumsi sendiri,” ujarnya, Senin (20/09/2021).

Pendampingan ini direncanakan selama satu tahun dengan pengembangan produk wedang bunga telang celup dan seduh yang siap jual. Pendampingan dan pemateri dilakukan dirinya Ika Dyah Kumalasari SSi MSc PhD selaku Ketua Tim dan Retnosyari Septiyani STP MSc sebagai anggota.

Pada pelatihan tahap awal yang diadakan tanggal 31 Juli-1 Agustus 2021 mengangkat tema Diversifikasi Bunga Telang dalam Bentuk Celup dan Seduh dengan materi pengolahan dan formulasi produk serta pengemasan produk yang baik disampaikan Retnosyari Septiyani, STP MSc dibantu oleh mahasiswa dari Prodi Teknologi Pangan dan Bisnis Jasa Makanan UAD.

Pelatihan tahap selanjutnya 15 September 2021 dengan materi keamanan pangan dan pemasaran untuk mendukung konsistensi kualitas produk yang baik sehingga dapat dipasarkan secara luas. Sedangkan Retnosyari Septiyani menyebutkan, pelatihan ini diikuti dengan penuh antusias oleh 10-15 ibu-ibu anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) Amanda yang diketuai oleh Marwati. Ibu-ibu sebagai peserta secara langsung terlibat dalam diversifikasi bunga telang dalam bentuk celup dan seduh menjadi produk olahan yang inovatif dan memiliki peluang untuk dipasarkan di luar daerah.

UAD

BERITA REKOMENDASI