UAD Serahkan Software E-Ciptakarya Sekolah

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Penyerahan software e-ciptakarya sekolah dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD) ke SMP Muhammadiyah Al Mujahidin berlangsung, Selasa (22/09/2020). Software diserahkan langsung oleh Sri Winiarti ST MCs, Supriyanto ST MT dan Ulaya Ahdiani SS MHum selaku dosen pendamping dalam pembuatan softwere kepada Kepala SMP Muh Al Mujahidin, Agus Suroyo MPdI di sekolah setempat Jalan Wonosari – Yogyakarta Km 05, Logandeng, Kapanewon Playen, Kabupaten Gunungkidul.

Sri Winarti juga Wakil Dekan Fakultas Teknologi Industri (FTI) – UAD mengatakan, software yang dikembangkan dan disosialisasikan dengan pendanaan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UAD tahun anggaran 2020/2021 ini merupakan hasil dari karya mahasiswa dalam Matakuliah Manajemen Tugas Proyek prodi Teknik Informatika UAD.

Sri Winiarti, Ketua Tim Pengembang Software menyampaikan, software e-cipta Karya sekolah adalah sebuah aplikasi yang membantu sekolah-sekolah untuk mendokumentasi data prestasi sekolah, bidang lomba, produk-produk hasil karya siswa dan guru, yang dapat dikelola secara daring. Dengan demikian sekolah memiliki arsip data secara digital, mudah merekap data prestasi dan mengetahui informasi produk karya sekolah lainnya.

“Sofware dapat diakses di karyasekolah.com. Seterusnya dikelola oleh sekolah-sekolah yang telah dilatih dengan penangung jawab adalah sekolah SMP Al Mujahidin,” ujar Sri Winiarti, Rabu (23/09/2020).

Selain penyerahan software tata kelola hak cipta, UAD juga mengadakan pelatihan dan sosialiasi karyasekolah.com. Pelatihan diberikan kepada guru sekokah sekaligus pengelola sistem untuk tiap sekolah. Dalam pelatihan ini juga dibekali dengan video tutorial untuk mempermudah admin sekolah dalam mengelola software karyasekolah.com tersebut.

Wakil Kepala Sekolah Urusan Humas dan Bina Prestasi, Muhammad Erwan Syah MPsi menyampaikan, pelatihan ini sangat menarik karena membantu dan sangat bermanfaat bagi para guru SMP Muh Al Mujahidin untuk mengelola karya cipta dari para guru dan siswa. Sehingga harapannya mampu untuk mengatasi plagiarisme.

“Hal ini dibuktikan semua peserta antusias dalam mengikutinya dari awal hingga akhir acara, selain itu peserta tidak hanya diikuti oleh guru SMP Muh Al Mujahidin saja, tetapi dari perwakilan SMP se-Gunungkidul,” ucapnya.

Ditambahkan, software ini sangat membantu sekolah dalam merekap serta mendokumentasikan prestasi siswa dan karya tulis guru selama daring, sehingga arsip bina prestasi tetap terdokumentasikan secara digital. (Jay)

BERITA REKOMENDASI