UAD-TI Filipina Kerjasama Magang Virtual Student Exchange

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRJOGJA.com – Fakultas Teknologi Industri, Program Studi Teknik Kimia Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dan College of Engineering and Architecture/ Chemical Engineering, Technological Institute of the Philippines (TIP) menyelenggarakan program the Southeast Asia Technical and Vocational Education and Training (SEA-TVET). Kegiatan bertema Chemical Engineering Virtual Student Exchange Program (SEAMEO-SEATVET) diadakan selama dua minggu sejak 4 hingga 15 Juli 2022.

Dr Ir Erna Astuti ST MT, Kaprodi Teknik Kimia UAD mengatakan, Sea TVET adalah salah satu strategi yang direkomendasikan dari Pejabat Tinggi Technical and Vocational Education and Training (TVET) dari negara-negara Asia Tenggara. “Tujuannya untuk mempromosikan pertukaran pelajar dan staf yang akan mencakup program kerja sama industri dan magang lintas negara,” ujarnya, Selasa (19/07/2022).

Selain itu, Konsorsium SEA-TVET akan meresmikan kemitraan antara lembaga TVET dan sektor industri, dan mengoperasionalkan kegiatan SEA-TVET, yang dilaksanakan oleh SEAMEO. TVET telah diidentifikasi sebagai salah satu dari tujuh bidang prioritas untuk pengembangan pendidikan di Asia Tenggara dari 2015 hingga 2035. Hal ini secara resmi dikonfirmasi oleh para menteri pendidikan Asia Tenggara pada Dialog Strategis Menteri Pendidikan (SDEM) yang diadakan di Laos pada bulan September 2014.

Dikatakan, peserta kegiatan kerja sama antara UAD dan TIP ini terdiri dari 10 dosen UAD, 4 mahasiswa UAD, 10 dosen TIP dan 4 Peserta mahasiswa TIP. Selain belajar di bidang masing-masing, mahasiswa juga dikenalkan bahasa dan budaya Filipina dan Indonesia khususnya Yogyakarta. Ini adalah program SEA-TVET kedua yang diikuti oleh UAD. “Program yang pertama diadakan pada tahun 2019 secara luring antara UAD dan PTLN mitra di Filipina (Don Mariano Marcos Memorial State University) di Prodi Teknik Industri UAD.

Dalam program SEA-TVET yang kedua ini, lebih banyak program studi yang berpartisipasi. Diantaranya Progam Studi Teknik Indutri, Program Studi Teknik Infomatika dan Teknik Kimia,” ujarnya, Selasa (19/07/2022).

Acara penutupan program SEA-TVET diadakan, Senin 15 Juli 2022 melalui media Zoom. Hayati Mukti Asih ST MSc PhD (Faculty Ambassador, FTI UAD) secara resmi membuka acara penutupan program SEA-TVET dan diikuti oleh sambutan dari TIP yang disampaikan oleh Dr Rosalinda Valdepeñas (Vice President for Academic Affairs TIP).

Dalam sambutannya Hayati Mukti Asih ST MSc PhD dan Dr Rosalinda Valdepeñas (Vice President for Academic Affairs TIP) menyampaikan apresiasinya atas kegiatan yang secara rutin dilakukan meskipun dalam kondisi pandemi. Tidak hanya itu, keduanya juga menyampaikan harapan kedua institusi agar kegiatan ini bisa membuka kerja sama yang lebih luas antara UAD dan TIP.

Sedangkan Dr Ir Erna Astuti ST MT IPM, Kepala Program Studi Teknik Kimia, para dosen Program Studi Teknik Kimia, dan Staff KKKUI TIP dan UAD. Untuk menutup kegiatan ini, cuplikan video dan video testimoni dari mahasiswa dan dosen diputar. Tidak hanya itu, perwakilan mahasiswa dan dosen dari masing-masing institusi juga menyampaikan kesan-kesan selama mengikuti program. Mereka memberikan apresiasi yang besar pada kegiatan rutin ini, dan mengharap kegiatan ini terus berkembang. (Jay)

 

UAD

BERITA REKOMENDASI