UAD Wisuda 596 Lulusan Secara Luring

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan wisuda secara luring, Sabtu (11/09/2021) di Kampus Utama, Jalan Ahmad Yani Lingkar Selatan, Tamanan, Bantul. Wisuda luring sebanyak 596 lulusan ini merupakan yang pertama kalinya sejak pandemi Covid-19 di Indonesia.

Kepala Biro Akademik dan Admisi (BAA) UAD Dr apt Wahyu Widyaningsih MSi, menjelaskan wisuda luring menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. “Wisudawan kami minta untuk tes bebas Covid-19. Kemudian tidak ada pendampingan dari orangtua atau wali. Antar jemput wisudawan juga kami atur sehingga tidak menimbulkan kerumunan,” ujarnya.

Sementara Rektor UAD Dr Muchlas MT dalam sambutannya mengatakan, banyak wisudawan yang menginginkan wisuda secara langsung. “Alhamdulillah hari ini bisa terlaksana, setelah beberapa kali tertunda karena pandemi. Kami juga mengimbau wisudawa tetap mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan Satgas Covid-19 UAD untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan orang lain,” katanya.

Muchlas menambahkan, wisuda merupakan starting point pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan ilmu pengetahun dan teknologi yang telah diperoleh dari UAD. Dinamika masyarakat yang terus bekembang perlu dihadapi dengan kemampuan adaptasi yang baik dengan selalu menambah berbagai keterampilan yang dibutuhkan dunia industri, usaha, maupun profesi.

“Sebagai lulusan UAD yang telah dibekali dengan berbagai pengetahuan, keterampailan, dan khusunya nilai keislaman, tentu kami berharap saudara dapat menjadi teladan bagi lingkungan saudara berkiprah. Pembentukan mindset Islamic leadership bagi lulusan UAD diharapkan dapat mengantarkan saudara berperan menjadi bagian dari kepemimpinan lokal, nasional, dan bahkan internasional,” jelasnya.

Ia berharap alumni senantiasa menjunjung tinggi nama baik UAD dengan menggelorakannya melalui kiprah pengabdian yang produktif, profesional, dan bermanfaat bagi sesama. Hal tersebut menunjukkan nilai keunggulan UAD dan lulusannya.

Di sisi lain, Ketua Badan Pembina Harian (BPH) UAD Prof Dr Marsudi Triatmodjo SH LLM menerangkan, semakin bertambahnya kepercayaan dari masyarakat dan pemerintah, UAD senantiasa memberikan yang terbaik bagi bangsa.

“UAD terus mengembangkan tata kelola universitas yang baik. Keberhasilan ini membuat UAD memiliki dosen dan tenaga kependidikan serta sarana dan prasarana yang berkualitas yang pada akhirnya menghasilkan lulusan yang baik yang siap bekerja,” ujarnya.

Wisuda luring kali ini diikuti 596 orang yang terdiri atas 539 wisudawan S1 dan 57 wisudawan S2. Jumlah wisudawan cumlaude mencapai 378. Rata-rata Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) S1 3,56, sementara rata-rata wisuda S2 3,77. (Jay)

BERITA REKOMENDASI