Umbi Garut Pencegah Mag, Pencernaan dan Cocok untuk Bayi

Editor: Ivan Aditya

SERAT Jampi Jawi menyebutkan, ada sekitar 291 bahan alami dari tumbuhan empon-empon sebagai warisan nenek moyang untuk kesehatan. Pendek kata disekitar kita atau lingkungan, tumbuh-tumbuhan merupakan obat keluarga yang bisa dimanfaatkan. Salah satunya berbunyi “Yen padharan sakit saget pun tambani mawi bonggol garut, kathah gesang wonten kebon”. Kalau perut kita bermasalah, bisa diobati dengan umbi garut, yang banyak bertumbuhan di kebun.

Dalam kaitan inilah, umbi garut yang diambil pathi atau serbuk halus ternyata mampu untuk mengobati hal-hal pencernaan, mag, asam hati bahkan bisa untuk perekat luka yang cepat. Garut diambil sari pati yang berupa bubuk, berwarna putih atau kemerahan, bisa digunakan sebagai pengental dalam makanan seperti kue, puding, jenang atau bubur.

Adalah Ny Astutik (42) warga Ngincep RT 02/RW 36, Triwidadi, Pajangan, Bantul yang juga Ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) Ngudi Makmur membudidayakan tanaman Garut di kebun miliknya seluas 1000 meter persegi. Yang utama umbi Garut memang dibuat emping, yang menjadi camilan sehari-hari kaya vitamin dan nonkolesterol.

“Untuk menjadikan emping, harus disortir lebih dahulu. Bonggol yang tidak bisa dibuat emping kita tanam kembali, sedangkan lainnya bisa dibuat bubuk atau serbuk yang lazim disebut pathi garut,” ujarnya kepada KRJOGJA di rumahnya, Kamis (20/08/2020).

Nah, pathi garut inilh yang banyak manfaat untuk kesehatan, di antaranya untuk pencegah mag, pencernaan, asam hati dan perekat luka yang sangat cepat.

Pembuatan pathi garut setelah umbi dicuci kemudian dikeringkan barang satu dua hari, lantas digempleng atau ditumbuk. Melalui saringan lembut jadilah bubuk garut, yang halus bersih namanya pathi garut umumnya sebagai pengental makanan.

Mengonsumsi pathi garut banyak membantu pencernaan dan melancarkan pergerakan usus, karena kandungan pathi yang tinggi berfungsi sebagai pencahar ringan bagi penderita iritasi usus. Rasanya yang anyep membuat rasa sakit berkurang, juga sangat efektif untuk diare dan gangguan pencernaan lainnya. Disamping itu juga pereda mual, dan pengganti nutrisi yang hilang akibat diare dan muntah.

Pathi garut juga menghasilkan kalsium klorida, berguna untuk keseimbangan asam sehingga mampu mencegah penyakit asam hati karena keseimbangannya tepat pada tubuh.

Garut, teryata juga bisa sebagai penangkal jenis racun pada sayuran tertentu, juga bisa mengatasi gigitan serangga seperti kalajengking, laba-laba dan lains ebagainya dengan mengeluarkan racun setelah digigit. Pada bekas luka terkena benda tajam, pisau atau yang lain, ternyata melalui pathi garut dengan dioles, akan menjadi perekat luka yang sangat cepat.

Sedangkan untuk bayi, sangat cocok karena pathi garut mudah dicerna. Bisa berbentuk jeli, bubur atau jenang terutama bayi yang baru saja disapih. Bisa juga digunakan sebagai alternatif Air Susu Ibu (ASI), dimana bayi sangat mudah mencerna.

Bubur garut, juga bisa juga mempercepat menurunkan berat badan, karena bebas lemak dan rendah kalori. Karena kaya akan sumber kalium, merupakan hal penting dari sel dan cairan tubuh dalam mengatur detak jantung dan tekanan darah. (Sutopo Sgh)

BERITA REKOMENDASI