UNBK SMK Hari Pertama Lancar

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMK di Bantul berjalan lancar. Sebanyak 5.887 siswa SMK melaksanakan UNBK. Pada hari pertama ini tidak diketemukan laporan kerusakan server atau pemadaman listrik.

Kepala Balai Pendidikan Menengah (Dikmen) Bantul Dikpora DIY, Drs Suhirman,MPd kepada wartawan Senin (16/03/2020) menuturkan meski ujian dilaksanakan di tengah wabah Corona Virus (Covid-19) yang menghantui Indonesia termasuk DIY namun pihaknya tidak membuat kebijakan sendiri terkait UNBK.

“Pelaksanaan UNBK tetap dilaksanakan namun siswa diimbau terus menjaga kebersihan, menggunakan hand sanitizer, makan bergizi, menerapkan PHBS, tidur cukup dan tak lupa meningkatkan ibadah,” jelas Suhirman.

Wakil Kepala Sekolah SMKN 1 Bantul Bidang Kurikulum, Samilah menuturkan UNBK di SMKN 1 Bantul diikuti sebanyak 505 siswa. Satu siswa berhalangan karena sakit dan terpaksa harus ikut dalam UNBK susulan pada April mendatang.

Siswa yang UNBK tersebut terdiri dari tujuh keahlian, yakni rekayasa prangkat lunak (RPL), teknik komputer jaringan (TKJ), multimedia, akutansi dan keuangan lembaga, perbankan syariah, otomatisasi dan tata kelola perkantoran (OTKP), bisnis daring, dan pemasaran. Ujian berlangsung selama dua sesi yang terbagi dalam delapan laboratorium. Tiap laboratorium terdapat 32 unit komputer.

Dijelaskan Samilah meski server dan listrik lancar, namun pihaknya tetap menyediakan genset sebagai antisipasi jika terjadi pemadaman listrik. Pantauan di SMKN 1 Pundong juga menyatakan pelaksanaan UNBK hari pertama ini berlangsung lancar.

Kepala Sekolah SMKN 1 Pundong, Sutopo menuturkan jumlah peserta UNBK ada 234 peserta yang dibagi tiga sesi. Sutopo menyatakan hal yang berbeda pada pelaksanaan UNBK saat ini dengan sebelumnya yakni seluruh ruangan laboratorium komputer yang digunakan untuk UNBK disemprot disinfektan. Selain itu sebelum mengikuti ujian siswa wajib mencuci tangan terlebih dahulu. (Aje)

BERITA REKOMENDASI