Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Bantul Berlangsung Khidmat

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Upacara bendera peringatan Hari Kesaktian Pancasila digelar di Lapangan Paseban Bantul, Minggu (01/10/2017) pagi. Hadir dalam upacara ini Bupati Bantul Suharsono, Wakil Bupati setempat Abdul Halim Muslih, Ketua DPRD Bantul Hanung Raharjo dan Kapolres Bantul AKBP Imam Kabut Sariyadi serta jajaran Forkominda lainnya.

Komandan Kodim (Dandim) 0729 Bantul, Letkol (Inf) Agus Widianto yang bertindak sebagai inspektur upacara dalam amanatnya menegaskan, tepat hari ini pada 52 tahun yang lalu sejarah telah membuktikan kekuatan yang dimiliki Pancasila. Berbagai upaya dilakukan oleh gerakan komunis untuk mengubah ideologi bangsa ini, namun Pancasila tetap mampu menunjukkan kesaktiannya.

"Pancasila telah dirumuskan oleh para pendiri negeri ini untuk dijadikan sebagai pedoman hidup bangsa Indonesia. Dalam Pancasila telah mengatur berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara mulai dari Ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan hingga keadilan sosial," tegas Agus Widianto.

Disampaikan Agus Widianto, sampai kapanpun Pancasila tak bisa digantikan dengan ideologi apapun. Jika ada pihak yang ingin merusak atau mengganti dasar negara, maka segenap rakyat Indonesia siap melawan serta menjaga keutuhan Pancaila.

Pada akhir amanatnya Agus Widianto mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk tetap bergandengan tangan dan selalu merapatkan barisan. Karena dengan persatuan dan kesatuan semua ancaman yang akan merusak keutuhan bangsa ini dapat dilawan.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini berlangsung khidmat dengan diikuti peserta upacara dari kalangan prajurit, Kepolisian, pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Bantul, legiun veteran dan para pelajar mulai dari tingkat SD hingga SMA. Dalam upacara ini juga dibacakan ikrar setia warga Bantul terhadap Pancasila yang dibacakan Ketua DPRD Bantul Hanung Raharjo. (Van)

 

BERITA REKOMENDASI