Upacara Momentum Tanamkan Jiwa Nasionalisme

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL (KRjogja.com) – Bupati Bantul Drs H Suharsono mengatakan, generasi muda yang sekarang masih berjuang dibangku sekolah  tidak sekadar jadi pewaris Negara Kesatuan Republik Indoensia (NKRI). Namun masa depan bangsa Indonesia berada ditangan para pelajar. Oleh karena itu tidak berlebihan jika sejak pendidikan dasar harus ditanamkan nilai nasionalisme kepada bangsa dan negara.

“Beratnya beban yang mesti dipikul generasi muda,  tempalah kepribadianmu, tingkatkan prestasimu, hormati orang tua dan guru kalian,” ujar Suharsono dalam acara upacara di SMP/SMA Kesatuan Bangsa di Jalan Wates Argomulyo Sedayu Bantul, Senin (26/9).

Keberhasilan semua aspek kehidupan dimasa mendatang  tidak akan datang sendiri. Membutuhkan proses serta perjuangan tidak kenal lelah mulai dari bangku sekolah sekarang ini.  Suharsono minta agar semua siswa belajar penuh kesungguhan, termasuk harus mampu memimpin dan dipimpin. Dalam kesempatan itu juga disampaikan, perkembangan zaman semakin modern. Keberadaan teknologi  senantiasa mengisi sendi -sendi kehidupan. Kondisi itu berdampak pada mudahnya mengakses semua informasi. “Perkembangan teknologi punya dua efek,  disatu sisi  kondisi ini jadi kemudahan bagi kehidupan manusia. Sebaliknya  hal ini bisa jadi bumerang,” ujarnya.

Dikesempatan itu pemerintah kabupaten Bantul menyerahkan penghargaan kepada siswa berprestasi diajang Internasional Young Invention Award 2016 yang digelar di Surabaya. Penerima penghargaan diantaranya, peraih medali emas yakni Shavira Pandan Wangi dan Nabila Zannuba. Keduanya mengangkat tema ‘Flanana As Bacteria Eradicator on Toilet Seat Waste.
Sementara penghargaan juga diberikan kepada peraih medali perak Avina Amelia Iskandar dan Azmi Subha Adil P dengan judul Smart Forest Fire Prevention System. Tim ketiga meraih medali perak yakni Tisya Rizki Ananda, Azalea Rahma S dengan judul Non Electial Vaccine Box for A Better Word. Proyek sains Kesatuan Bangsa  kerjasama dengan I Wayan Mustika  (UGM) dan Evi Yulianty (UNY). (Roy)

BERITA REKOMENDASI