UPY Resmikan 4 Laboratorium Senilai Rp 2,4 Miliar

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Universitas PGRI Yogyakarta (UPY) terus melengkapi sarana-prasana untuk menjadi perguruan tinggi unggul bertaraf internasional.

“Kali ini ada 4 laboratorium yang kami resmikan. Membangun 4 Laboratorium menghabiskan dana senilai Rp 2,4 miliar lebih,” kata Dr Ir Paiman MP, Rektor UPY saat meresmikan 4 Laboratorium di kampus Unit 2 UPY, Sonosewu, Kabupaten Bantul, Senin (30/08/2021).

Dalam kesempatan itu, tampak hadir dan memberi sambutan Armansyah Prasakti SH SPn MH selaku Ketua Pengurus Yayasan Pembina UPY. Dalam kesempatan itu, Ir Sugiyono MT selaku pemborong/kontraktor atau sering dijuluki ‘Menteri Pembangunan UPY’ menyerahkan kunci kepada John Sabari MSi (Yayasan UPY) dan diteruskan ke Rektor UPY.

Disebutkan Paiman, keempat laboratorium itu, Laboratorium Informatika dan Teknik Industri (Fakultas Sains Teknologi), Laboratorium Pertanian berupa Green House dan Vertikultur (Fakultas Pertanian), Laboratorium Pendidikan Vokasional Teknologi Otomotif (PVTO) (Fakultas Keguruan dan dan Ilmu Pendidikan). Keempat, laboratorium untuk mendukung praktek terkait prodi yang ada di lingkungan UPY. “Harapanya lulusan UPY mahir teori, dan mahir prakteknya,” ucapnya.

Ditegaskan Paiman, dalam perjalanan waktu, UPY tidak hanya fokus pada Prodi pendidikan saja. “Ada kesan UPY hanya mengelola Prodi pendidikan. UPY juga membuka non-pendidikan, terutama prodi yang prospektif seperti Prodi Bisnis Digital,” ucapnya.
Ditambahkan Paiman, prodi-prodi di UPY sangat diminati masyarakat bahkan naik 25 persen pada TA. 2020/2021. “Sampai hari Senin, 30 Agustus 2021, calon mahasiswa baru yang telah melakukan pendaftaran ulang sebanyak 1.024 orang,” ujarnya.

Ditargetkan sampai pendaftaran berakhir bisa mencapai 1.500 mahasiswa baru. Ditegaskan Paiman, UPY membangun fasilitas laboratorium dimaksudkan agar lulusan UPY cakap dan andal, baik teori dan praktek. “Intinya, lulusan UPY cepat kerja dan jangan sampai menganggur,” tandasnya.

Kaitannya dengan melengkapi sarana dan prasana, Yayasan Pembina UPY sangat mendukung. Dibenarkan Armansyah Prasakti SH SPn MH, Yayasan UPY tidak main-main untuk mendukung percepatan untuk terus maju melengkapi sarana-prasana agar kampus UPY representatif. “Bangunan-bangunan di UPY tidak hanya berupa beton, tetapi dihiasi dengan kaca-kaca yang indah. Tampilan kampus UPY tampak modern,” katanya.

Armansyah dalam kesempatan itu juga menyampaikan rencana-rencana tahun mendatang. “Yayasan akan terus melengkapi sarana-prasana sesuai kebutuhan prodi dan fakultas sesuai tuntutan zamannya,” tandasnya. (Jay)

UPY

BERITA REKOMENDASI