UST Adakan Lokakarya Pembuatan Baterai dari Limbah Tempurung Kelapa

BANTUL, KRJOGJA.com – Tim Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D), Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) melakukan kegiatan pemberdayaan untuk masyarakat di Dusun Jigudan, Desa Triharjo Pandak Bantul. Programnya yaitu pemanfaatan tempurung kelapa sebagai bahan pembuatan baterai high quality.

Ketua Tim PHP2D UST, Cici Naftalie Alleztin Pambudi mengatakan, daerah Bantul Selatan memiliki potensi pohon kelapa yang luar biasa, sehingga program diarahkan untuk pemanfaatan limbah tempurung kelapa untuk pemenuhan kebutuhan energi sehari-hari. Selain menyelenggarakan lokakarya, tim juga memfasilitasi peralatan untuk pembuatan arang aktif dan pembuatan baterai, seperti tong pembakaran, mesin penghalus arang, dan sebagainya.

“Masyarakat dapat mengembangkan program ini dengan melakukan inovasi-inovasi terkait pemanfaatan tempurung kelapa agar lebih baik lagi,” terang Cici kepada KRJOGJA.com, Minggu (29/11/2020). Adapun lokakarya telah diselenggarakan pada 3 Oktober 2020 di Gedung Serbaguna Jigudan diikuti warga dan pemuda setempat. Selain penyampaian materi juga ada demonstrasi pembuatan baterai oleh anggota Tim PHP2D UST yaitu Rio Sebastian dan Danni Agatha Putra.

BERITA REKOMENDASI