Vaksin Bentuk Perlindungan Dari Covid-19

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Jumlah warga terkonfirmasi positif Covid- 19 di DIY terus mengalami penurunan dibandingkan beberapa waktu lalu. Meski begitu masyarakat diminta tidak mengendorkan protokol kesehatan (Prokes) dalam aktivitas sehari -hari. Kondisi tersebut diharapkan jadi tonggak kebangkitan ekonomi masyarakat dan sektor wisata di Bantul.

“Program vaksinasi di Objek Wisata Kebun Buah Mangunan ini termasuk rangkaian Milad ke dua RS UII sekaligus partisipasi kegiatan bakti sosial untuk mempercepat vaksinasi program pemerintah. Kita membantu masyarakat sekaligus bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Bantul, di Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kabupaten Bantul,” ujar Direktur RS UII, dr Widodo Wirawan MPH disela vaksinasi di Kebun Buah Mangunan, Jumat (27/08/2021).

Dijelaskan program vaksinasi merupakan proses menciptakan kekebalan tubuh seseorang. Vaksinasi ini ibaratnya seperti orang memakai helm ketika berlalulintas, tetapi memang helm itu tidak akan 100% melindungi. “Tetapi orang yang pakai helm jika terjatuh dari kendaraan bermotor harapannya tetap lebih aman daripada yang tidak pakai helm,” ujarnya.

Begitu juga dengan vaksinasi, tentu sangat efektif dalam upaya memberikan perlindungan bagi seseorang. “Orang yang sudah mendapatkan vaksinasi itu tidak akan mengalami keparahan jika terpapar Covid-19. Berbeda dengan yang belum mendapatkan vaksinasi,” jelasnya.

Selain itu melandainya angka penderita positif Covid-19 salah satunya masyarakat antusias ikut vaksin. Dijelaskan, program vaksinasi RS UII menyasar 300 peserta tersebut salah satunya untuk membantu memulihkan pariwisata.

Vaksinasi dengan peserta masyarakat umum harapannya jika terkena tidak parah. Nantinya vaksinasi kedua juga dilaksanakan di lokasi sama. (Roy)

BERITA REKOMENDASI