Vaksinasi Booster di Bantul Mulai Minggu Depan

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRjogja.com – Pemerintah Kabupaten Bantul lewat Dinas Kesehatan Bantul segera melakukan penyuntikan vaksin dosis ke tiga atau booster. Menurut Kepala Dinas Kesehatan  Bantul,  Agus Budi Raharja didampingi Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Promosi Kesehatan, Karjiyem lounching suntikan dosis ke tiga atau booster dimulai Senin (17/1).
“Kuota suntikan booster per hari 1.000 orang dan diprioritaskan bagi Lansia dan penderita komorbid  atau penyakit penyerta yang sudah memenuhi syarat mendapatkan suntikan dosis ke tiga atau booster,” paparnya.
Adapun syarat  untuk mendapatkan suntikan dosis ke tiga , yakni sudah pernah menjalani suntikan dosis ke satu dan ke dua atau suntikan primer dengan menggunakan vaksin Sinovac. Jarak dengan dosis ke dua minimal sudah 6 bulan. Menunjukkan etiket yang sudah ada di link “peduli lindungi”.  Pendaftaran lewat link, https:// ikutvaksin. bantulkab.go.idi.
Dijelaskan oleh Agus, suntikan booster menggunakan vaksin  Astrazaneca dan akan disuntikkan secara gratis bagi masyarakat umum yang berusia diatas 18 tahun, dengan prioritas sasaran Lansia dan penderita Komorbid atau yang telah memenuhi syarat mendapatkan suntikan ke tiga.
Pemberian vaksinasi booster bertujuan untuk mempertahankan tingkat mekebalan serta memperpanjang masa perlindungan dari Covid-19.
Pelaksanaan vaksinasi booster akan dilakukan secara pertahap mulai Senin (17/1) dengan kouta per hari 1.000 vaksin. Walaupun telah digalakkan divaksinasi booster, tetapi masyarakat tetap diminta untuk disiplin menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan 5 M  sebagai kunci untuk memberikan perlindungan yang optimal.
Sementara vaksinasi primer suntikan dosis kesatu dan kedua untuk anak usia 6 tahun hingga 11 tahun di Bantul terus digalakkan. Diharapkan tidak sampai bulan Februari 2022 program vaksinasi anak usia 6-11 tahun sudah bisa dituntaskan. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI