Vaksinasi Puskesmas Bambanglipuro Menyasar Masuk Dusun

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRjogja.com – Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Bambanglipuro Bantul mulai menyasar masuk pedusunan dengan menempati rumah Dukuh atau tokoh masyarakat. Menurut Kepala Puskesmas Bambanglipuro, dr Glory saat berada di lokasi vaksinasi pedukuhan Kutu Sumbermulyo Bambanglipuro Rabu (19/5), pelaksanaan vaksinasi Covid- 19 pada umumnya dilakukan di Puskesmas setempat. Tetapi untuk memberikan kemudahan dan pelayanan yang tidak menyulitkan warga Lansia ,Puskesmas Bambanglipuro mengambil inisiatif melakukan vaksinasi menyasar di pedukuhan.

Dokter Glory mengatakan, warga usia lanjut atau Lansia mempunyai kerentanan dengan resiko penularan atau terpapar Covid-19 . “Sehingga warga Lansia harus diprioritaskan untuk mendapatkan vaksinasi, dalam upaya pencegahan penularan Covid-19,” ungkap dr Glory.

Tetapi jika pelaksanaannya dilakukan di Puskesmas, warga Lansia merasa repot, apalagi yang rumahnya jauh dari Puskesmas.Mereka juga harus diantar maupun dijemput keluarga. Kalau vaksinasinya dilakukan di pedukuhan warga Lanjut usia lebih mudah dan tidak jauh mendatangi Puskemas.

Untuk pelaksanaan vaksinasi menyasar di pedukuhan, Puskesmas Bambanglipuro membentuk dua Tim Vaksimasi. Di pedukuhan Kedon dan Kutu kemarin Puskesmas Bambanglipuro menyediakan 300 paket vasin habis untuk kebutuhan Lansia.

BERITA REKOMENDASI