Vittoria dan Terrot, Skuter Tertua di ISF 2019

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Ribuan motor skuter dari berbagai daerah di Indonesia bahkan beberapa negara memadati kawasan Jogja Expo Center (JEC) dalam acara Indonesian Scooter Festival (ISF) 2019, Sabtu (21/09/2019). Selama dua hari, puluhan ribu penggemar skuter akan bersenang-senang dalam ajang yang diklaim sebagai Lebaran Scooterist tersebut.

Berbagai merk dan model skuter ditampilkan dalam event yang memasuki kali ketiga ini. Namun, ada dua yang begitu menyita perhatian karena menjadi motor paling tua dari ribuan skuter yang ada.

Adalah Carnielli 'Vittoria' dan Terrot VMS yang keduanya sudah berusia 68 tahun saat ini. Kedua skuter ini sama-sama diproduksi pada tahun 1951, bedanya Vittoria diproduksi di Italia sementara Terrot di Dijon, Prancis.

Dwi Yudha Danu, Founder ISF mengungkap kedua tunggangan ini memiliki sejarah tersendiri. Vittoria yang tak diproduksi massal misalnya, dahulu digunakan oleh pilot angkatan perang Indonesia saat turun dari pesawat.

“Untuk Vittoria ini unitnya terbatas dan pemiliknya dulu punya rekam sejarah tersendiri. Ini dulu untuk kendaraan pilot pesawat terbang saat turun dari pesawatnya. Ini unik dan tidak dijual secara massal,” ungkapnya usai membuka ISF 2019.

Danu mengungkap pula motor Vittoria yang dipamerkan di ISF 2019 terbilang sangat istimewa karena sangat langka di Indonesia dan mesinnya masih menyala saat ini. “Pemiliknya ada orang Semarang, beliau menjaga betul kalau dibilang harta yang sangat luar biasa ini. Skuter ini original dan sehat,” sambungnya.

Sementara untuk Terrot yang menjadi cikal bakal produk Peugeot ini memiliki bentuk yang sangat unik dengan warna biru muda telur asin. Skuter ini kerap disebut sebagai mobil dua roda yang juga menjadi iklannya dahulu semasa awal diproduksi.

“Cukup sulit mencari skuter-skuter ini termasuk ada Vespa GS VS3, Lambretta dan Vespa PBB yang sangat rare. Harapan kami teman-teman pecinta skuter yang hadir di ISF 2019 semakin memahami seluk beluk skuter dan semakin cinta tentu saja,” pungkas Danu. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI