Wabah Covid-19, BP3TKI Hentikan Pengiriman TKI

BANTUL, KRJOGJA.com – Akibat wabah virus Korona (Covid-19), Balai Pelayanan Penempatan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) DIY menghentikan aktivitas pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) atau Pekerja Migran Indonesia (PMI) sejak Jumat (20/3/2020) lalu. Adapun penghentian pelayanan sesuai dengan instruksi Permenaker RI Nomor 151 2020, tentang Penghentian Sementara Penempatan PMI.

Kepala BP3TKI DIY, Suparjo SH kepada KRJOGJA.com, Minggu (22/3/2020) menuturkan selain sebagai langkah antisipatif penyebaran Covid-19, beberapa negara penempatan TKI sudah ada yang melakukan lockdown seperti Malaysia dan Singapura.

“Penghentian dilakukan sejak 20 Maret hingga situasi kembali kondusif. Tidak hanya di DIY saja tetapi berlaku di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Penghentian sementara tersebut bagi TKI yang ditempatkan oleh pemerintah ataupun swasta, perusahaan untuk kepentingan perusahan sendiri, pekerja migran mandiri dan anak buah pada kapal pesiar, kapal niaga dan kapal tangkap ikan.

“Atas instruksi ini kami dari DIY siap mematuhi meski resikonya sampai saat ini tercatat sekitar 122 calon TKI yang sudah melakukan melakukan pembekalan dan siap berangkat tetapi dilakukan penundaan akibat Covid-19,” jelasnya.

BERITA TERKAIT