Wajan Raksasa Zaman Peninggalan Jepang Ditemukan

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Wajan raksasa ditemukan di Dusun Kretek Kalurahan Jambidan Kapanewon Banguntapan Bantul. Wajan dari tembaga tersebut berdiameter sekitar 2,5 meter dengan tinggi 1 meter ditemukan operator ekskavator ketika sedang menggali tanah Selasa (31/08/2021) kemarin. Upaya evakuasi harus ekstra hati-hati agar tidak merusak wajan yang sudah berkarat tersebut.

Operator ekskavator, Sri Mulyadi mengungkapkan sebelum menemukan wajan raksasa tersebut ia malakukan penggalian tanah untuk persiapan membuat lapangan. Namun ia terkejut ketika galian berada di kedalaman sekitar sekitar 3 meter saat alat keruknya menyentuh logam.

“Karena tidak mungkin diangkat dengan tenaga manusia sehingga harus memanfaatkan alat berat. Benda tersebut ditemukan sekitar pukul 15.00 WIB dan baru bisa naik bertepatan dengan azan Magrib,” kata Sri Mulyadi, Rabu (01/09/2021).

Lurah Jambidan Banguntapan Bantul, Zubaidi mengungkapkan temuan wajan ini baru pertama kali terjadi dan benda itu diperkirakan peninggalan zaman Jepang. Walau ada penemuan tersebut namun ia memastikan pembangunan lapangan sepak bola akan terus berjalan.

Salah satu warga , Edi mengatakan menurut cerita orang tuanya kawasan lokasi penemuan wajan merupakan tempat penampungan air tetapi area itu terbengkalai. Sejak dulu orangtuanya sering menceritakan soal wajan raksasa, namun ia tak mengetahui jika yang dimaksud tersebut adalah benda peninggalan kuno yang ditemukan itu. (Roy)

BERITA REKOMENDASI