Wakapolda DIY Launching ‘Geni Ing Panggonan’

BANTUL, KRJOGJA.com – Tepat di usianya ke-50 tahun, Wakapolda DIY Brigjen Pol R Slamet Santoso SH SIK launching buku berjudul Geni Ing Panggonan

, Rabu (16/12). Digelar secara sederhana di sebuah kafe kawasan Baturetno Banguntapan Bantul, launching buku setebal 188 halaman ini dihadiri pejabat utama Polda DIY dan jajarannya.

Buku terbitan Ikatan Guru Indonesia (IGI) Yogyakarta yang dijual untuk umum ini, bercerita tentang filosofi api dan tugas polisi di berbagai daerah. Wakapolda berharap, buku yang diluncurkannya bisa memotivasi polisi dan masyarakat agar lebih banyak membaca. Dalam buku yang proses pembuatannya selama tiga bulan ini, Wakapolda juga menyampaikan gambaran jika tugas Polri bukan hanya menjaga kamtibmas dan penegakan hukum, namun mencakup semua aspek. “Saya ingin menggambarkan kepada masyarakat, bahwa polisi lumayan kerjanya. Dari mulai bencana alam, bahkan saat ada hewan turun dari Merapi juga kita yang menangani,” ucap Wakapolda.

Dengan sub judul buku ‘Polisi Iku Urip, jenderal bintang satu ini ingin menyampaikan bahwa menjadi seorang polisi harus mampu menjadi penerang bagi masyarakat. “Jika api ditaruh pada tempatnya, dia menjadi baik, namun akan menjadi malapetaka jika tidak dikelola dengan baik. Sebagai manusia yang menjadi polisi, harusnya selalu hidup dalam arti memberikan terang kepada masyarakat luas,” tandasnya.

Ketua Masdjo (Masyarakat Digital Jogja), Eko Nuryono mengapresiasi buku tersebut. ” Di buku ini, kita dapat mengetahui ada sisi Polri yang selama ini narasinya, pemikirannya jarang terungkap. Kisah sederhana tapi inspiratif dan pembaca yang tidak kenal dengan membaca bukunya jadi mengenal,” ujarnya.(Ayu)

BERITA REKOMENDASI