Warga Desa Lopati Gelar Festival Mie Lethek

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Warga Desa Lopati, Srandakan, Trimurti, Bantul menggelar Festival Mie Lethek, Sabtu (24/03/2018). Kegiatan ini sengaja digelar warga untuk memperkenalkan dan mengangkat Mie Lethek yang selama ini merupakan makanan khasnya.

Sutiyem, Kepala Dusun Lopati mengatakan acara ini digagas oleh dewan pengembangan desa. Ia juga mengatakan bahwa gelaran ini menarik wisatawan untuk hadir.

“Tujuan digelarnya acara ini agar Desa Wisata Lopati beserta masyarakatnya terangkat perekonomiannya. Agar desa ini bisa lebih maju seperti desa-desa lainnya,” katanya.

Dalam festival ini Sutiyem menekankan variasi penyajian Mie Lethek. Selain itu ia ingin menepis anggapan bahwa Mie Lethek hanya nikmat disantap saat malam hari.

Bupati Bantul, Drs Suharsono yang turut hadir dalam festival ini menyatakan kegiatan ini merupakan momentum dan upaya bersama menggali makanan Bantul yang menjadi ciri khasnya. Bantul berharap acara semacam ini dapat menjadi ikon Bantul.

Meski festival ini merupakan yang kali pertama diadakan namun antusiasme masyarakat cukup tinggi. Terlihat dari penuhnya tempat parkir dan lokasi acara, serta jumlah Mie Lethek siap santap yang melampaui estimasi. Maka dari itu penyelenggara berencana mengadakan kembali acara ini kedepannya.

Lebih dari 1.000 porsi Mie Lethek dibagikan kepada pengunjung. Dalam festival ini juga diadakan lomba memasak Mie Lethek yang diikuti oleh 120 peserta. Hasil masakan peserta dinilai oleh juri dari Forkom Desa Wisata, Dinas Pariwisata, dan Hotel. (Nur Syafira Ramadhanti)

BERITA REKOMENDASI