Warga Dlingo Minta Perbaikan Pengaman Jalan

DLINGO, KRJOGJA.com –  Kerusakan pengaman jalan di ruas Jalan Kaliurang Seropan Desa Muntuk Kecamatan Dlingo dikeluhkan warga. Medan jalan berkelok dengan tepi berjurang membutuhkan penanganan cepat untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan.  Sebagaimana diketahui, pengaman jalan tersebut rusak setelah terjadi kecelakaan lalu lintas akhir tahun 2019. Selain persoalan tersebut, di ruas jalan protokol penghubung, Dlingo, Bantul dan Gunungkidul juga dihadapkan pada persoalan minimnya Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU). 

"Harapan kami, karena ini  jalan protokol yang merupakan akses menuju Kecamatan Dlingo dan jalan alternatif dari Gununkidul ke Bantul, untuk itu kami mohon dinas terkait memperbaiki pengaman jalan yang rusak itu," ujar Relawan Radio Komunitas Siaga Bencana (RKSB) Kecamatan Dlingo Yekti Utami, Selasa (28/1).

Yekti mengatakan, rusaknya pengaman jalan tersebut memang banyak menimbulkan kekhawatiran bagi warga atau pengguna jalan. Mengingat ruas tersebut berada di jalan menurun dan menikung. sementara di sisi kanan merupakan jurang cukup dalam. Oleh karena itu sebagai warga, demi kebaikan bersama semestinya pengaman jalan tersebut secepatnya diperbaiki.   

"Waktu itu ada kecelakaan yang kendaraannya masuk jurang tetapi setelah peristiwa itu pengaman jalan sampai sekarang belum diperbaiki.  Sekarang di titik tersebut dipasangi karung berisi pasir dan juga garis pengaman," ujarnya .

Selain terkait dengan belum diperbaiki pengaman jalan, masyarakat juga mengeluhkan tidak adanya lampu penerangan jalan umum di sepanjang ruas jalan Kaliurang. Padahal jalan tersebut setiap hari sangat ramai karena merupakan akses menuju Dlingo dan sebaliknya.

Terpisah Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Dan Kawasan Permukiman Kabupaten Bantul, Eka Budi Santoso mengatakan, kewenangan penanganan kerusakan pengaman jalan di jalur tersebut sepenuhnya berada di Dinas Perhubungan Provinsi DIY. Karena jalan tersebut merupakan jalan provinsi mulai dari Imogiri sampai Dodogan Dlingo dan ke arah Gunungkidul. (Roy)

BERITA REKOMENDASI