Warga Kesulitan Memperoleh Air Bersih, Prajurit TNI Bangun PAB

BANTUL,KRJOGJA.com – Air merupakan kebutuhan dasar bagi kehidupan manusia, karena air merupakan gizi makro yang sangat penting. Air berfungsi sebagai sumber asupan mineral, mengatur suhu tubuh, pembentuk cairan darah, pembentuk sel, dan melancarkan pencernaan. Air bersih adalah salah satu jenis sumber daya berbasis air yang bermutu baik dan biasa dimanfaatkan oleh manusia untuk dikonsumsi atau dalam melakukan aktivitas mereka sehari termasuk untuk konsumsi air minum.

Namun kenyataan kelangkaan air bersih terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia khususnya di daerah pedesaan yang tidak terjangkau layanan PDAM. Ada sejumlah faktor penyebap mengapa sampai sejumlah desa atau kampung mengalami kelangkaan air, misalnya sumber air yang jauh dari pemukiman penduduk, air yang keruh dan berasa asam karena wilayahnya berupa rawa, atau juga karena faktor topografi dimana sumber air berada dalam gua perbukitan yang elevasinya lebih rendah dari pemukiman penduduk  (daerah pelayanan) sehingga air tidak bisa dialirkan secara gravitasi.

Sehingga, untuk mengatasi adanya kesulitan air seperti itu, perlu dibangun tempat penyediaan air bersih yang dapat menampung air untuk kemudian bisa dipergunakan oleh masyarakat. Hal ini seperti yang dilakukan oleh prajurit TNI di Dusun Kajor, desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul. Melalui program TNI Manunggal membangun Desa (TMMD) Reguler ke-99 tahun 2017, Kodim 0729/Bantul membantu warga membangun tempat penyediaan air bersih.

Pembangunan tempat penyediaan air bersih dijadikan sasaran fisik mengingat masyarakat di dusun tersebut sangat membutuhkan air bersih, sedangkan air bersih sulit didapat karena lokasi atau letak geografis dusun ini yang berada di atas bukit.

“Harapan kami, dengan sudah dibangunnya tempat penyediaan air bersih (PAB) ini, masyarakat mudah memperoleh air bersih, sehingga kesehatan masyarakat pun meningkat dan terjaga,” terang Danramil Kapten Inf Surono.(**)

 

BERITA REKOMENDASI