Warga Kritik Kebijakan Tebang Pohon

BANTUL (KRjogja.com) – Pohon disepanjang ruas Jalan Jenderal Sudirman mulai Klodran-Gose Bantul ditebang, Rabu (09/11/2016). Kebijakan tersebut diambil untuk mencegah pohon tersebut tumbang sekaligus persiapan sebelum ruas itu dibuat dua lajur.  

"Kami potong batang disepanjang ruas jalan ini jumlahnya mencapai 300 pohon, itu upaya kami mecegah terjadinya pohon tumbang," ujar Kepala Seksi Bidang Jalan Dinas Pekerjaan Umum DPU Bantul Purwanto ST disela penebangan pohon di Klodran Bantul. 

Purwanto mengatakanpemotongan batang pohon memang sudah semestinya dilakukan dengan pertimbangan keselamatan.  Dalam kondisi cuaca labil saat ini, kawasan tersebut dinilai rawan terjadinya pohon tumbang. “Hasil pengecekan lapangan ketinggian pohon sampai setinggi 20 meter lebih, itu diperparah dengan  rimbunnya daun,” ujar Purwanto.

Purwanto menyadari betul  bahwa kebijakan Pemkab Bantul menebang pohon  juga mendapat tentangan dari sejumlah elemen masyarakat. Banyak pihak juga  berpandangan  bahwa dengan dipangkas makin panas. "Penebangan pohon itu sebenarnya  untuk memuluskan rencana pemerintah daerah  yang merencanakan Jalan Jenderal  Sudirman dua lajur. Ini tidak ditebang habis, tetapi yang dinilai membayakan. Ini juga bagian untuk merancang pembuatan lajur dua arah,” jelas Purwanto. (Roy)

BERITA REKOMENDASI