Warga Minta Jalan Pleret – Banguntapan Segera Diperbaiki

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Sejumlah warga minta Pemerintah Kabupaten Bantul segera memperbaiki kerusakan yang terjadi di jalan Pleret – Banguntapan. Badan jalan ruas tersebut mengalami kerusakan cukup serius di beberapa lokasi. Jika tidak segera diperbaiki, dikhawatirkan dapat memicu kecelakaan.

Sugeng warga Pleret mengungkapkan kerusakan jalan sebenarnya sudah terjadi sejak beberapa waktu lalu. Namun hingga saat ini belum ada langkah nyata dari Pemerintah Kabupaten Bantul.

Padahal jalan tersebut jadi tulang punggung warga di Kecamatan Pleret, Dlingo dan sekitarnya. Bahkan dalam waktu-waktu tertentu wilayah itu menjadi jalur alternatif menuju Kota Yogyakarta, Solo serta Gunungkidul.

Oleh karena itu, pemerintah sudah saatnya melakukan perbaikan. Terlebih kondisi sekarang ini baru musim penghujan hingga sangat rawan terjadinya kecelakaan. "Kami sebagai warga hanya bisa berharap pemerintah segera melakukan perbaikan, karena sudah serius kerusakannya, ada lubang di manamana," ujar Sugeng.

Selain jadi jalan utama warga, jalur tersebut merupakan akses menuju sekolah baik SD, SMP hingga SMAdi Kecamatan Pleret, Banguntapan hingga Piyungan. Termasuk pusat perekonomian dan pemerintahan karena berdekatan dengan kantor kecamatan dan pasar.

Sugeng mengatakan, kerusakan jalan khususnya di depan kantor Kecamatan Pleret sangat disayangkan. "Sering ada kecelakaan di jalur itu, kenapa dinas terkait kurang respons. Beberapa waktu lalu komunitas 'Jogja Nahnyoh' dengan bahan seadanya berusaha menambal jalan itu," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Bantul Bobot Arifi' Aidin ST MT, didampingi Kabid Bina Marga DPUPKPBantul Eka Budi Santoso ST, mengatakan Pemerintah Bantul sudah menganggarkan untuk rehap total jalan tersebut.

"Tahun ini sudah kami anggarkan untuk rehap total jalan itu, mulai dari pertigaan kantor pos hingga satu kilometer ke utara," ujar Bobot.

Sejauh ini masih dalam proses dan diperkirakan mulai dikerjakan Mei hingga Juni. Prinsipnya jalan sepanjang satu kilometer ke utara akan diperbaiki secara menyeluruh. (Roy)

BERITA REKOMENDASI